Dukungan pada Ganjar-Mahfud Terus Mengalir dari Masyarakat NU Jatim - BERITA GORONTALO

Senin, 30 Oktober 2023

Dukungan pada Ganjar-Mahfud Terus Mengalir dari Masyarakat NU Jatim

Oleh : Septa Kurnia Wibowo )*

Dukungan masyarakat kepada pasangan duet Ganjar-Mahfud terus saja mengalir. Kali ini dukungan deras datang dari masyarakat NU di Jawa Timur dan juga di wilayah Tapal Kuda beserta para tokoh ulama setempat. Mereka semua meyakini bahwa di bangsa Indonesia akan menjadi jauh lebih baik di tangan pemimpin yang tepat.

Pasangan Calon Presiden (Capres) dan juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) Republik Indonesia yang diusung oleh koalisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Ganjar Pranowo beserta Mahfud MD kembali mendapatkan tambahan dukungan. Kali ini dukungan tersebut datang dari para tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Dukungan dari para tokoh NU tersebut khususnya terus mengalur dari komunitas Nwaning JAGA-NU di daerah Tapal Kuda. Penambahan jumlah dukungan itu terjadi tatkala deklatasi dilakukan olah para Ning dan juga Bu Nyai di wilayah Tapal Kuda, yang mana berlangsung di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah Jember, Jawa Timur.

Mengenai hal tersebut, Pengasuh Ponpes Al-Falah, K.H. M. Toifur Al-Busthomi mengatakan bagaimana pengalaman yang selama ini dimiliki oleh Ganjar Pranowo selama masih menjabat sebagai Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode atau sepuluh tahun terakhir, dinilainya cukup untuk bisa melanjutkan amanat dari masyarakat bahkan secara lebih luas, yakni dengan menjadi Presiden RI mendatang.

Selain itu, sosok pasangan dari Mahfud MD itu juga dinilai telah banyak direstui oleh para tokoh agama dan ulama lainnya, sebagai contoh, dia berpasangan dengan Gus Yasin dalam menjalankan jabatannya sebagai Gubernur di Jawa Tengah. Sebagaimana diketahui bahwa Gus Yasin sendiri merupakan sosok putra dari Maimoen Zubair.

Sehingga sudah sangat jelas bahwa ulama sekelas Mbah Maimoen Zubair saja merestui dan mendukung penuh sosok Ganjar Pranowo sebagai pemimpin, maka sebagai para santri dan juga warga Nahdliyin lainnya, tentu menjadi kewajiban untuk mengikuti panutan mereka dengan turut memberikan dukungan penuh kepada pemimpin masa depan bangsa itu.

Kemudian jika ditilik dari segi pasangannya, yakni Mahfud MD, sudah sangat jelas pula masyarakat menilai tokoh bangsa itu sebagai seorang yang sangat bersih dan tegas. Seluruhnya juga berkat didikan dari Gus Dur, yang merupakan tokoh ulama di kalangan masyarakat NU.

Terlebih, sosok pemimpin yang bersih sendiri juga menjadi satu wujud kepedulian kepada Nabi Muhammad SAW, karena mampu mencontoh sikap dan sifat beliau dalam memimpin. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam RI) di era Kepemimpinan Presiden RI ketujuh, Joko Widodo (Jokowi) itu juga merupakan seorang profesional.

Selain itu, Pengasuh Ponpes Al-Falah Jember, Gus Tantowi kemudian memberikan pendapatnya untuk menguatkan bahwa memang pasangan duet Ganjar-Mahfud merupakan pasangan yang mampu mewakili seluruh kalangan profesional, termasuk pula mereka berdua sangat mewakili kalangan NU.

Maka dari itu, seluruh pihak juga sangat meyakini bahwa kedua pasangan Capres dan Cawapres tersebut akan bisa menang hanya dalam satu putaran pada pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Pendapat serupa datang juga dari perwakilan Pondok Pesantren Darur Ridwan Banyuwangi, Ning Siti Nahdliyah. Dirinya menambahkan bahwa mengapa alasan seluruh tokoh ulama di NU sangat menggemari dan terus memberikan dukungan penuh kepada Ganjar Pranowo serta Mahfud MD yakni karena keduanya juga merupakan pemimpin yang bersih dari tindak pidana atau catatan apapun di masa lalunya. Terlebih untuk Mahfud MD sendiri, dinilai sangat memiliki tekad yang kuat untuk bisa melakukan pembenahan pada hukum di Indonesia.

Dengan penuh akan semangat persatuan dan juga keyakinan yang kuat pula, pembentukan simpul Nawaning JAGA-NU Jatim khususnya di zona Tapal Kuda jelas menjadi sebuah langkah awal untuk semakin memperkuat adanya basis dukungan kepada pasangan duet Ganjar-Mahfud menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

Sementara itu, Capres yang diusung oleh seluruh koalisi PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo sendiri juga sangat meyakini bahwa suara dari para Gusdurian akan mampu memberikan dukungan yang lebih kuat kepadanya dan juga pasangannya, yakni Mahfud MD. Terlebih, adanya keyakinan tersebut juga diperkuat dari adanya deklarasi yang dikemukakan oleh seorang Yenny Wahid bersama dengan Barisan Kader (Barikade) Gus Dur.

Maka sudah sangat jelas bahwa dengan adanya statement serta komitmen kuat dukungan penuh yang dikemukakan oleh putri keempat Gus Dur itu merupakan representasi nyata dari bagaimana suara para Gusdurian selama ini.

Masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Jawa Timur (Jatim) khususnya di wilayah Tapal Kuda menyatakan deklarasi mereka untuk memberikan dukungan penuh dalam mengawal kemenangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal tersebut kembali menjadi bukti bahwa memang dukungan terus mengalir kepada pasangan kandidat itu, bahkan datang pula dari para tokoh ulama.

)* Penulis adalah kontributor Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda