PDI Perjuangan Tetap Solid dan Tidak Akan Terpecah, Ganjar Tegaskan Jawa Tengah Juga sampai Hari Ini Masih Kandang Banteng - BERITA GORONTALO

Minggu, 05 November 2023

PDI Perjuangan Tetap Solid dan Tidak Akan Terpecah, Ganjar Tegaskan Jawa Tengah Juga sampai Hari Ini Masih Kandang Banteng

Oleh : Septa Kurnia Wibowo )*

PDI Perjuangan nyatanya tetap terus solid dan tidak akan pernah bisa terpecah belah meski di tengah adanya dinamika politik yang terjadi belakangan di Indonesia. Hal tersebut kemudian membuat Ganjar Pranowo menegaskan pula bahwa Provinsi Jawa Tengah sampai detik ini masih menjadi kandang banteng.

Calon Presiden Republik Indonesia (Capres RI) yang diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik melalui perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang, Ganjar Pranowo memastikan bahwa partainya sampai detik ini masih terus solid dan sama sekali tidak akan pernah terpecah.

Bukan hanya itu, namun mantan Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode atau sepuluh tahun masa jabatan itu juga mengingatkan kepada siapapun pihak yang mungkin ingin memecah belah PDI Perjuangan, maka pihak tersebut akan langsung berlawan dan berhadapan dengan banteng.

Ganjar Pranowo mengungkapkan hal tersebut tatkala dirinya melakukan ciarah ke makam Bung Karno, yang menurutnya sebagai bentuk usaha secara lahiriahnya karena memang sudah seharusnya terus meneguhkan. Terlebih sebagai sebuah partai, maka dirinya juga mengimbau agar seluruh pihak bisa bersatu dan kuat.

Kekuatan dan soliditas dari sebuah partai politik (Parpol) bisa dibuktikan dengan partai tersebut sama sekali tidak bisa dipecah belah oleh pihak manapun. Lebih lanjut, dalam kegiatan ziarah makamnya yang juga didampingi oleh seluruh keluarga beserta pasangan Calon Wakil Presidennya (Cawapres) Mahfud MD, pemimpin berambut putih itu mengaku bahwa di sana mereka semua berdoa.

Dengan kekuatan doa, maka diharapkan ke depannya akan bisa menjadikan negara Indonesia ini menjadi jauh lebih baik lagi. Selain itu, agar seluruh pihak yang berada di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini juga mampu untuk terus berjalan sesuai dengan adanya konstitusi yang telah disepakati oleh para pendiri bangsa terdahulu serta terus berjalan sesuai dengan cita-cita para pendiri bangsa pula.

Sementara itu, Ganjar Pranowo juga menegaskan bahwa wilayah Provinsi Jawa Tengah sampai saat ini masih terus menjadi kandang banteng. Hal tersebut menjawab bagaimana adanya dinamika politik yang tengah terjadi belakangan, yang mana baginya seluruh banteng atau Kader dari Parpol pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut khususnya di Jawa tengah justru semakin hari kian solid.

Ungkapan tersebut dikemukakan oleh pria yang juga pernah menjabat sebagai anggota parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) selama dua periode itu dengan penuh keyakinan bahwa sampai saat ini, banteng justru menjadi semakin solid dan semakin menguat.

Menurutnya banteng sama sekali tidaklah cengeng, melainkan misalnya ada pihak yang berani bermain-main dengan banteng, justru akan membuat sang banteng menjadi sangat marah. Meski begitu, namun dirinya juga mengimbau kepada semua pihak dalam menjalani seluruh proses rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang harus tetap menggunakan hati dan akal sehat.

Lebih lanjut, Ganjar Pranowo juga meyakinkan kepada seluruh pengusung serta pendukungnya agar tidak perlu khawatir dan takut jika misalnya mendapatkan tekanan lantaran bangsa ini sudah memiliki mekanisme tersendiri, yakni adanya pihak berwajib yang sudah sangat siap jika mendapatkan laporan dalam bentuk apapun.

Ganjar juga mengapresiasi kekompakan dan soliditas relawan, kader, serta partai pengusung terutama dalam memastikan kemenangan di Provinsi Jawa Tengah. Ganjar Pranowo mengaku optimistis bisa memenangi suara di Jawa Tengah. Menurut Ganjar Jateng masih menjadi kandang PDIP.

Justru dengan bagaimana kekuatan dan soliditas yang semakin hari kian kuat diantara seluruh Kader PDI Perjuangan di Jawa Tengah, maka membuat mereka semua akan semakin tahan terhadap berbagai macam bentuk tekanan apapun. Bagaimana peranan dari pihak berwajib untuk merespon dan mengatasi jika ada laporan juga baginya merupakan sebuah bentuk komitmen kuat untuk semakin menegakkan keberlakuan asas demokrasi di negeri ini.

Ungkapan yang dikemukakan oleh Ganjar Pranowo tersebut yang disampaikannya di hadapan lebih dari 6 ribu para sukarelawan yang tergabung ke dalam Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jawa Tengah ternyata terbukti mampu membakar semangat dari seluruh pihak, yang berasal dari banyak kalangan seperti milenial, Gen Z, para petani, nelayan, seniman, budayawan, guru hingga dosen.

Suara lantang yang dimiliki oleh pemimpin masa depan bangsa itu disambut dengan sangat semangat dan juga tepuk tangan oleh seluruh hadirin. Pasalnya, memang seluruh hal yang dilakukan sampai saat ini memang bukan demi kepentingan pribadi Ganjar dan Mahfud MD, namun justru seluruhnya adalah demi Indonesia ke depannya.

Memiliki keyakinan penuh dan juga semangat yang sudah sangat terbakar, maka seluruh Kader PDI Perjuangan di Jawa Tengah semakin hari kian menguatkan soliditas mereka dan juga kekuatan mereka secara bersama. Seluruhnya tidak akan bisa terpecah belah dan memastikan bahwa wilayah tersebut sampai detik ini masih menjadi kandang banteng.

)* Penulis adalah kontributor Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (GERBANG)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda