Didukung Raja dan Sultan Seluruh Sumbar, Ribuan Warga Deli Serdang Yakin Ganjar-Mahfud Pasti Menang - BERITA GORONTALO

Rabu, 15 November 2023

Didukung Raja dan Sultan Seluruh Sumbar, Ribuan Warga Deli Serdang Yakin Ganjar-Mahfud Pasti Menang

Oleh: Benny Syahputra)*

Didukung oleh para raja dan sultan di seluruh wilayah Sumatera Barat (Sumbar) lantaran dianggap mampu terus mendorong adat dan kebudayaan di Indonesia, membuta pula sebanyak ribuan warga di Deli Serdang meyakini sepenuhnya bahwa pasangan Ganjar-Mahfud pasti akan mampu meraih kemenangan pada Pilpres mendatang.

Dinasti Nusantara sebagai kelompok sukarelawan yang terdiri dari para raja, sultan, ratu hingga para tokoh adat terus mendorong kepada Ganjar Pranowo agar mampu untuk semakin mengembangkan adat dan kebudayaan di Tanah Air.

Kemudian, Sultan Wawan Fitrah Nugraha Abdurrahman Thaha Syaifuddin yang bergelar Sultan Mudo Mangkunegoro dari Kesultanan Melayu Jambi, dalam ajang silaturahmi bersama dengan seluruh raja dan sultan serta semua lembaga adat di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Riau hingga Jambi di Padang tersebut mengaku bahwa adanya kegiatan itu dilakukan untuk bisa menjaring aspirasi dan juga keinginan dari seluruh raja serta sultan dan lembaga adat lain se-Sumbar, Jambi dan Riau.

Mereka semua terus berdiskusi mengenai bagaimana upaya hingag strategi terbaik untuk bisa semakin memperkenalkan sosok pasangan Ganjar-Mahfud kepada seluruh warganya. Lebih lanjut, dirinya kemudian juga menyampaikan bagaimana harapannya kepada Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut agar mampu menjalin sinergi antara pemerintah dengan pihak Kesultanan Melayu Jambi.

Satu hal yang sudah sangat jelas dan disepakati pleh banyak pihak, yakni dari pihak Jambi telah melakukan diskusi terlebih dahulu bersama dengan pihak keluarga Kesultanan Melayu Jambi, yang mana isi dari kesepakatan itu adalah mereka semua memang menginginkan supaya Ganjar Pranowo mampu menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) kedelapan.

Sultan Wawan juga terus mendorong agar mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode atau selama sepuluh tahun masa bakti tersebut mampu terus memperhatikan adat dan budaya di seluruh kerajaan dan kesultanan di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut pula, Koordinator Wilayah (Korwil) Dinasti Nusantara Sumatera Barat (Sumbar), YM KPH H Sutan Muhammad Yusuf Tuanku Mudo Rajo Disambah ADDN mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan seluruh raja dan sultan serta lembaga adat di wilayah itu telah memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa memenangkan pasangan Ganjatr-Mahfud dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik melalui perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Pihaknya sangat mendukung dan menitipkan harapan besar pada pundak pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putihnya itu agar dia mampu memenangkan kontestasi politik dan bisa menjadi Presiden RI pada periode 2024 hingga 2029.

Sutan Muhammad Yusuf juga menambahkan bahwa Dinasti Nusantara bersama dengan Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan di Riau, Kesultanan Melayu Jambi hingga para tokoh adat lainnya telah mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari rokoh adat hingga masyarakat di akar rumput untuk bergerak bersama menyosialisasikan pasangan Ganjar-Mahfud.

Sementara itu, Capres yang juga merupakan Kader dari Partai Politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu melakukan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, petani, budayawan, nelayan hingga seluruh sukarelawan di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Pertemuan itu digelar di daerah Beringin, Kabupaten Deli Serdang.

Dalam acara silaturahmi itu, Ganjar Pranowo lantas disambut dengan sangat antusias serta meriah. Bahkan dirinya sempat disambut dengan tarian sambutan khas Melayu hingga sempat pula dipakaikan kain khas Melayu, yakni Tengkuluk dan Sampin.

Masyarakat juga memekikkan ‘Ganjar Presiden 2024’ dengan sangat menggema dalam seluruh perjalanan dan pertemuan tersebut. Sebanyak ribuan warga pun kemudian menjawab dengan penuh semangat dan lantang bahwa kemenangan pasti ada di pihak duet tersebut. Dengan adanya bagaimana penyambutan sangat luar biasa datang dari para warga, tokoh masyarakat, tokoh agama hingga berbagai macam latar belakang sukarelawan di Sumatera Utara, pria yang juga pernah menjabat sebagai anggota parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) itu menyampaikan terima kasihnya.

Pasangan dari Mahfud MD tersebut kemudian meminta kepada semua pihak sukarelawan untuk terus menggencarkan pergerakan mereka bahkan secara door to door untuk menyapa warga demi bisa memenangkan dirinya pada Pilpres 2024 nanti. Menurutnya, relawan sejati adalah mereka yang ikhlas dalam bergerak dan mampu memahami seperti apa situasi serta suasana keadaan kebatinan yang ada saat ini. semangat akan kebersamaan itu sama sekali tidak boleh luntur.

Dukungan yang diberikan oleh masyarakat dari banyak kalangan kepada pasangan Ganjar-Mahfud sendiri memang dikarenakan kedua sosok tokoh bangsa itu dinilai telah terbukti memiliki komitmen yang sangat kuat dan juga integritas yang dimiliki oleh mereka dalam kepemimpinannya, terutama pada sosok Ganjar Pranowo yang mampu memimpin Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Memang banyak sekali pihak yang sangat meyakini bahwa pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pasti akan memperoleh dan meraih kemenangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang. Termasuk juga, keyakinan kuat itu datang dari sebanyak ribuan warga di Deli Serdang. Terlebih, pasangan duet itu juga mendapatkan dukungan penuh dari para raja dan sultan di seluruh wilayah Sumatera Barat.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda