Seluruh Masyarakat Papua Apresiasi Tinggi Langkah Tindakan Tegas Aparat Keamanan pada KST - BERITA GORONTALO

Rabu, 11 Oktober 2023

Seluruh Masyarakat Papua Apresiasi Tinggi Langkah Tindakan Tegas Aparat Keamanan pada KST

Oleh : Yowar Matulessy )*

Seluruh masyarakat di Papua mengutuk dengan sangat keras segala tindakan brutal yang selama ini terus dilakukan oleh pihak Kelompok Separatis dan Teroris (KST) di Bumi Cenderawasih. Bukan hanya itu, namun masyarakat di ujung Timur Tanah Air itu juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap bagaimana langkah serta tindakan tegas yang dilakukan oleh jajaran aparat keamanan Republik Indonesia (RI) kepada gerombolan separatis tersebut.

Terkait dengan bagaimana sikap dan perilaku yang dimiliki oleh segenap masyarakat di Tanah Papua itu dikemukakan oleh seorang aktivis yang juga mahasiswa asal Papua bernama Manuel Bonay. Dirinya mengatakan bahwa segenap elemen dan setiap kalangan masyarakat memang sangat mendukung penuh seluruh upaya yang dilakukan oleh Pemerintah RI serta jajaran aparat keamanan dari personel gabungan dalam menindak tegas KST.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa memang dengan adanya keberadaan gerombolan teroris di Bumi Cenderawasih itu, mereka terus menjadi sumber kekacauan yang terus terjadi dan bahkan selama ini sangat meresahkan hingga membuat masyarakat pun sangat terdampak hingga kehilangan nyawa mereka.

Pasalnya, memang pihak KST Papua bahkan bukan hanya sekedar terlibat dalam adanya upaya serangan terhadap aparat keamanan dari personel gabungan yang terdiri dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) saja, melainkan mereka juga menyasar kepada masyarakat sipil orang asli Papua (OAP) yang sama sekali tidak bersalah. Termasuk juga, gerombolan orang yang berupaya makar tersebut juga melakukan penculikan serta pembunuhan kepada aktivis di Bumi Cenderawasih.

Maka dari itu, para mahasiswa memberikan apresiasi yang sangat tinggi dari bagaimana langkah yang digencarkan oleh aparat keamanan dari tim gabungan TNI dan Polri karena mereka sama sekali tidak mengenal kata lelah dan terus senantiasa melakukan berbagai macam upaya.

Salah satu upaya yang masih terus digencarkan oleh pihak aparat keamanan dari personel gabungan itu adalah dengan cara mempersempit ruang gerak yang dimiliki oleh KST Papua, utamanya di wilayah rawan konflik dengan menerapkan langkah patroli tim gabungan di berbagai macam titik, termasuk juga di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Bahkan, lankah terbaru yang berhasil dilakukan oleh pihak Tim Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz adalah mereka menuai keberhasilan dalam melumpuhkan hingga sebanyak 5 (lima) anggota KST Papua di Kabupaten Pegunungan Bintang karena seringkali terus menebarkan teror dan membuat keonaran.

Sebagaimana keterangan yang diberikan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, bahwa setidaknya terdapat lima anggota dari gerombolan separatis itu yang telah ditembak mati. Setelah diselidiki lebih lanjut, kelima anggota KST Papua itu ternyata telah terlibat ke dalam pembunuhan terhadap anggota Brigade Mobile (Brimob) hingga juga telah melakukan perampokan pada masyarakat sipil orang asli Papua (OAP).

Sudah saatnya dan seharunya justru pihak KST Papua sendiri sadar diri karena sejatinya seluruh rakyat di Bumi Cenderawasih sudah sangat merdeka secara sepenuhnya setelah mereka bergabung ke dalam pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Terlebih, justru di Tanah Air, Papua sendiri telah diberikan otonomi khusus (Otsus) dan kini pada era kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) percepatan pembangunan di provinsi paling Timur Nusantara itu juga terus digencarkan melalui adanya pemekaran wilayah dengan menerapkan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Sehingga dengan adanya DOB tersebut menjadikan wilayah di Tanah Papua mampu merasakan kemelesatan kemajuan yang luar biasa, mereka bahkan mampu bersaing dengan seluruh wilayah di Indonesia dengan setara dan adil hingga mampu menghapuskan kesenjangan sosial yang ada di masyarakat serta orang asli Papua (OAP) pun bisa meningkatkan kesejahteraan mereka.

Pembangunan di Tanah Papua sendiri selama ini sudah terus digencarkan oleh Pemerintah RI. bahkan sudah sangat banyak beragam aksi nyata yang telah digencarkan oleh pemerintah pusat, lantaran Presiden RI ketujuh memang sangat memberikan perhatian yang begitu besar kepada Tanah Papua.

Segenap elemen masyarakat di Bumi Cenderawasih bahkan telah memiliki harapan yang sangat besar agar supaya KST Papua bisa dihentikan dan mereka mau untuk menghentikan seluruh tindakan brutal yang kerap kali mereka gencarkan selama ini kepada masyarakat, serta pada saat yang sama, seluruh warga juga sangat mendukung penuh bagaimana langkah tegas yang telah diberlakukan oleh aparat keamanan dalam upaya penanganan gerombolan separatis itu.

Tindakan tegas yang telah dilakukan oleh pihak aparat keamanan dari personel jajaran pasukan gabungan kepada KST Papua telah mendapatkan dukungan sangat penuh dan juga apresiasi yang tinggi oleh segenap elemen dan seluruh kalangan masyarakat di Bumi Cenderawasih karena menganggap keberadaan gerombolan teroris itu selama ini sangat mengancam nyawa dan keselamatan masyarakat dan justru semakin mengganggu kemajuan dari Tanah Papua sendiri.

)* Penulis adalah Mahasiswa Papua Tinggal di Manado

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda