Ganjar Siapkan Strategi Dorong UMKM Hadapi Persaingan Online Marketing - BERITA GORONTALO

Minggu, 08 Oktober 2023

Ganjar Siapkan Strategi Dorong UMKM Hadapi Persaingan Online Marketing

Jakarta – Hadapi persaingan online marketing, calon presiden Ganjar Pranowo menyiapkan berbagai macam strategi untuk mendorong produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar terus berkembang.

Ganjar Pranowo menanggapi persoalan yang sedang gencar yakni mengenai persaingan online dan barang import yang melanda masyarakat khususnya para pedagang UMKM.

Menurutnya, pemerintah RI memiliki peran yang sangat penting untuk memfasilitasi para pedagang agar bisa menembus pasar dunia.

“Iya sebenarnya kita juga mengonlinekan mereka. Memfasilitasi mereka agar bisa masuk pasar dunia. Peran pemerintah jadi begitu penting,” respon Ganjar.

Dengan meningkatkan proteksi kepada UMKM, diharapkan Indonesia nantinya bisa tetap bersaing dengan penjual barang online, bahkan barang-barang import dari luar negeri.

Strategi yang menjadi langkah utama untuk bisa bersaing yakni dengan membuat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) oleh para UMKM agar produk mereka bisa menembus pasar internasional.

“Kita dorong, kita proteksi, kemudian HaKI-nya kita proteksi juga, sehingga ini bisa laku dan kalau sudah mendunia ya kita harus masuk pasar dunia, jangan kemudian kita jadi pemain lokal terus. Kita serbu!,” ujarnya.

Bukan hanya itu saja, Ganjar juga mencontohkan salah satu langkah yang pernah ia lakukan semasa menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

“Kita pernah mengirim ke Prancis, sudah dua kali ya. Terus ke Osaka pernah. Kita kenalkan. Kita gempur mereka dengan produk-produk kita. Mereka sangat suka sehingga kita harus berani bersaing soal itu. Kita memberikan fasilitas dan proteksi,” katanya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga mengakui bahwa memang kualitas UMKM Indonesia yang tampil di Pameran Inacraft memiliki peningkatan kualitas di setiap tahunnya.

“Makanya saya seneng banget melihat berbagai UMKM dan karya semua tampil di sini keliatan betul bahwa mereka rata-rata seperti semua sudah dikurasi,” tuturnya.

“Dari waktu ke waktu selalu ada saja, memunculkan sesuatu yang menakjubkan karena memunculkan desain yang baru terus kemudian bentuk-bentuk baru, inovasi seperti yang di belakang ini,” tambahnya.

Sementara itu, kehadiran Ganjar di Pameran Inacraft menjadi rebutan bagi para pedagang untuk mengenalkan produknya dan berkontribusi telah memajukan UMKM Indonesia.

“Terima kasih banyak Pak Ganjar, terima kasih telah memajukan UMKM Indonesia,” ujar Syanaz salah satu UMKM di Pameran Inacraft.

Di samping itu, Ganjar dengan Siti Atiqoh istrinya tertarik salah satu produk UMKM yakni outer batik perpaduan motif khas dua daerah yakni Kalimantan dan Jawa Tengah.

“Jadi memang kita berkolaborasi dengan daerah Jawa Tengah. Kalau yang dipakai Pak Ganjar itu namanya perpaduan antara ecoprint dengan tenun. Motifnya perpaduan unsur dayak. Kalau yang ibu, itu Sasirangan dengan tenun. Jadi ada 2 versi tadi,” ujar Gusti pemilik produk.

[]

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda