Dinilai Mampu Lanjutkan IKN, Projo Jawa Barat Komitmen Tegak Lurus Dukung Ganjar-Mahfud - BERITA GORONTALO

Senin, 23 Oktober 2023

Dinilai Mampu Lanjutkan IKN, Projo Jawa Barat Komitmen Tegak Lurus Dukung Ganjar-Mahfud

Oleh : Kanya Almahyra *)

Dinilai mampu melanjutkan pembangunan nasional yang lebih merata dalam mewujudkan Indonesia yang unggul, salah satunya adalah dengan adanya percepatan pembangunan IKN, maka menjadikan Relawan Projo di Jawa Barat (Jabar) terus tegak lurus dalam memberikan dukungan penuh mereka kepada pasangan duet Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 mendatang.

Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Republik Indonesia Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD telah memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa semakin mempercepat penyelesaian akan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Komitmen tersebut bahkan telah tertuang ke dalam dokumen visi dan misi dari pasangan duet yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu.

Dalam salah satu misi yang mereka usung, terdapat poin yakni melakukan percepatan pada pembangunan ekonomi berdikari yang berbasis pada pengetahun dan nilai tambah, kemudian disebutkan bahwa adanya komitmen kuat untuk mempercepat pembangunan IKN. Melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara secara bertahap akan dilakukan hingga di sana mampu menjadi titik keseimbangan baru bagi keadilan pembangunan sekaligus juga menjadi simbol Indonesia yang futuristik.

Diketahui bahwa visi yang dimiliki oleh pasangan Ganjar-Mahfud adalah ‘Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari’. Mantan Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode itu juga sebelumnya memang sempat beberapa kali mengemukakan pendapatnya mengenai proyek IKN.

Menurut Ganjar Pranowo, pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta yang berada di Pulau Jawa menjadi ke Kalimantan tersebut akan mampu mewujudkan mimpi Indonesia di masa depan. Karena baginya, pemindahan IKN bukan hanya sekedar merupakan memindahkan fisik saja, melainkan juga mampu mengubah perilaku masyarakat di Tanah Air ke depannya.

Dirinya juga berharap bahwa pusat pertumbuhan Indonesia akan bisa terdistribusi secara sangat merata ke berbagai wilayah. Akan terwujud pula ekonomi hijau dan ekonomi biru di dalam sebuah desain yang besar berada di IKN Nusantara itu. Sehingga dirinya sangat berupaya untuk bisa terus mendorong bagaimana pengelolaan Kalimantan.

Program lainnya yang juga akan diselenggarakan oleh pasangan duet Ganjar-Mahfud adalah pengadaan sebanyak belasan juta lapangan kerja baru. Dengan adanya program itu, maka mereka memastikan akan terjadi penyerapan angkatan kerja baru setiap tahunnya dan juga mampu mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia hingga mencapai pada tingkat penyerapan tenaga kerja yang optimal, agar seluruh rakyat bisa dengan cepat mendapatkan pekerjaan.

Maka dari itu, lantaran memiliki gagasan demikian, menjadikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Relawan Pro Jokowi (Projo) di Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah secara resmi mengumumkan bagaimana dukungan kuat mereka untuk pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan itu dalam pesta demokrasi dan kontestasi politik, pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Dalam adanya kegiatan deklarasi itu, pihak DPD Projo Jabar juga mengadakan pergantian identitas mereka, dari sebelumnya ‘Projo lama’ menjadi ‘Projo Ganjar Pranowo’. Mengenai hal tersebut, Ketua DPD Projo Jawa Barat Hery Susilo menyatakan bahwa semoga dengan adanya langkah maju yang mereka lakukan dalam memenangkan Ganjar Pranowo itu, maka sebagian besar seluruh rekan Proho yang sebelumnya berada di Jakarta bisa bergerak di Jawa Barat.

Pada kegiatan deklarasi tersebut, para relawan juga menyampaikan sebanyak enam pernyataan penting. Beberapa diantaranya adalah mereka selaku Pengurus DPD dan atau DPC Projo di Jawa Barat merupakan penerima dari Surat Keputusan dari Ormas Projo yang telah dibuat dan ditandatangani oleh Ketua Projo Budi Ari Setiadi dan juga Sekjen Handoko yang hingga saat ini dinilai masih berlaku dan juga sebagai penerima undangan sebagai peserta Rakernas keenam Projo pada tanggal 14 Oktober 2023.

Dengan sangat tegas, mereka selaku Pengurus DPD dan atau DPC Projo di Jawa Barat menolak untuk memberikan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai Capres 2024 dan menyarankan untuk memberikan dukungan penuh kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Selain itu, mereka juga memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa bekerja dengan sangat sungguh-sungguh dab bekerja dengan jauh lebih maksimal lagi dalam mengantarkan kemenangan dari Ganjar-Mahfud sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode tahun 2024-2029 mendatang.

Terlebih, Relawan Projo di Jawa Barat itu menilai bahwa sosok Ganjar Pranowo dan juga Mahfud MD memang merupakan tokoh bangsa yang lahir dan dibesarkan oleh keluarga yang sangat sederhana dan juga dibekali dengan nilai-nilai moral, agama serta adat istiadat. Mereka pun menilai bahwa pasangan duet itu akan mampu melanjutkan pembangunan nasional, khususnya melanjutkan pembangunan IKN.

Sehingga dengan bagaimana komitmen dalam percepatan pembangunan IKN yang juga telah secara resmi tertulis dalam dokumen visi dan misi yang dimiliki oleh pasangan duet Ganjar-Mahfud, menjadikan dukungan penuh dan sangat mantap dari pihak Relawan Projo di Jawa Barat terus mengalir. Mereka semua telah berkomitmen untuk tegak lurus dan bekerja dengan maksimal dalam mengawal kemenangan Capres-Cawapres itu.

)* Penulis adalah kontributor Lingkar Khatulistiwa Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda