Fokus Pada Sektor Kesehatan, Relawan Ganjar Proaktif Gelar Pengobatan Gratis di Masyarakat - BERITA GORONTALO

Selasa, 26 September 2023

Fokus Pada Sektor Kesehatan, Relawan Ganjar Proaktif Gelar Pengobatan Gratis di Masyarakat

JAKARTA – Relawan Ganjar Pranowo yang mendukung calon presiden dari PDIP secara proaktif menggelar pengobatan gratis di masyarakat dalam rangka peduli sektor kesehatan.

Dalam sebuah kesempatan, Relawan KawanJuang Ganjar Pranowo (GP) melakukan kegiatan sosial di tengah masyarakat dengan memberikan pengobatan gratis di daerah Jakarta dan Jawa Barat.

Tim dokter yang dikerahkan KawanJuang GP melakukan pemeriksaan kesehatan secara massal hingga berkunjung door to door ke rumah pasien yang ada di Jawa Barat.

Pasien yang termasuk dalam kunjungan langsung tersebut adalah mereka yang tidak bisa berjalan menuju lokasi pemeriksaan, sehingga tim dokter melakukan kunjungan secara langsung untuk memberikan pengobatan gratis.

Indra Nugraha selaku koordinator lapangan KawanJuang GP menyebutkan dua diantara pasien yang mendapatkan kunjungan langsung oleh tim dokter.

“Pak Ilham (63) dan Bu Mala (57) menderita strok, sehingga tidak bisa datang ke lokasi bakti sosial,” tutur Ilham.

Kedua pasien yang didatangi tim dokter tersebut merupakan penduduk dari Desa Sunten Jaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Salah satu tim dokter KawanJuang GP Timothy yang memeriksa pasien mengatakan bahwa Ilham harus segera dibawa ke rumah sakit besar untuk mendapatkan perawatan yang intensif sejak menderita strok pada Jumat malam.

“Semakin cepat dibawa ke rumah sakit besar, maka peluang untuk pulih semakin besar. karena menurut tim dokter masih masa emas,” ujar Indra.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh KawanJuang GP memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar karena aksi nyata yang mereka lakukan. Sebab, mereka memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat secara langsung.

Heri selaku Kepala Desa Sunten Jaya memberikan apresiasi kegiatan bakti sosial seluruh KawanJuang GP. Dirinya mengatakan bahwa kegiatan tersebut memanglah sangat dibutuhkan warga.

“Pemeriksaan kesehatan gratis seperti ini sangat dibutuhkan oleh warga,” kata Heri.

Tak hanya di wilayah Lembang saja, di Kabupaten Ciamis Jawa Barat juga mendapati beberapa pasien yang dikunjungi secara langsung untuk mendapatkan perawatan. Ada tiga pasien yang menderita strok.

“Selain itu dilakukan pula pemeriksaan kesehatan berupa pengecekan rekanan darah, kolestrol, asam urat dan gula darah,” jelas koordinator acara KawanJuang GP di Ciamis, Yushartika.

Bukan hanya pemeriksaan saja, dokter KawanJuang GP juga memberikan obat dan vitamin gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kemudian, di pekan berikutnya tim dokter KawanJuang GP memberikan pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat dan gula darah secara gratis kepada masyarakat DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Tim dokter KawanJuang GP, Billy Nugraha berpesan agar masyarakat hendaknya menjaga pola makan dan rajin berolahraga.

“Bila daya tahan tubuh kuat, maka penyakit tak mudah singgah,” pesan Billy. []

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda