Ganjar Pranowo Sosok Pemimpin Bersih, Tegas pada Tindak Korupsi dan Pungli - BERITA GORONTALO

Selasa, 11 Juli 2023

Ganjar Pranowo Sosok Pemimpin Bersih, Tegas pada Tindak Korupsi dan Pungli

Oleh : Muhammad Faisal Adinata )*

Ganjar Pranowo merupakan sosok dan figur pemimpin masa depan bangsa yang sangatlah bersih serta jujur. Bahkan dirinya sangat tegas kepada para jajarannya untuk sama sekali tidak melakukan tindak korupsi dan pungli agar pembangunan di daerahnya bisa berjalan dengan optimal dan maksimal.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) yang juga Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo sengan tegas meminta kepada seluruh aparatur desa, baik itu mulai dari Kepala Desa (Kades) untuk bisa terus menjaga dan menjunjung tinggi bagaimana tingkat kepercayaan masyarakat.

Bagaimana tidak, pasalnya dengan adanya tingkat kepercayaan dari masyarakat yang tinggi kepada para aparatur desa mereka sendiri, tentunya hal tersebut menjadi sangat penting dan merupakan sebuah hal yang sangat dibutuhkan, lantaran untuk bisa terus mengawal kesuksesan akan pembangunan di wilayah mereka masing-masing.

Lantaran, apabila misalnya masyarakatnya sendiri saja sudah tidak memiliki tingkat kepercayaan yang baik kepada para aparatur desa mereka sendiri, padahal notabene aparatur desa itu adalah pihak yang berjalan dan melakukan eksekusi pada berbagai macam program yang sudah dicanangkan, tentunya pembangunan pun juga akan sangat terhambat di sana.

Maka dari itu, salah satu cara paling penting agar bisa terus menjaga dan mempertahankan tingkat kepercayaan masyarakat secara tinggi kepada para aparatur desa adalah dengan adanya penggunaan dana desa yang bisa dikelola dengan sebaik mungkin dan juga penuh akan prinsip integritas.

Secara tegas, Ganjar Pranowo menyampaikan agar seluruh aparatur desa agar bisa melakukan pengelolaan akan dana desa dengan sangat baik dan terus menjunjung tinggi integritas mereka masing-masing. Karena sudah menjadi sebuah prinsip yang dipegang oleh kader PDI Perjuangan tersebut bahwa dalam tata kelola sebuah negara atau wilayah, memang terdapat 3 (tiga) hal yang sangat penting untuk terus diupayakan ada.

Ketiga hal tersebut adalah adanya aparatur negara, kemudian ketersediaan pangan yang cukup bagi seluruh masyarakat dan warga dari wilayah itu, serta adanya tingkat kepercayaan yang tinggi datang dari masyarakat setempat, yang mana membuat masyarakat senantiasa untuk mendukung penuh apapun yang sudah menjadi program dari pemerintah.

Untuk itu, mengetahui bagaimana prinsip yang dipegang teguh oleh sosok pemimpin yang identik dengan rambut putihnya ini, maka dirinya menilai bahwa kepercayaan dari masyarakat memang sama sekali tidak boleh dan jangan sampai hilang. Sehingga, dirinya benar-benar mengimbau kepada semua pihak untuk terus dan tetap bisa menjaga serta membangun adanya kepercayaan itu.

Seperti diketahui bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah yang dipimpin oleh Ganjar Pranowo telah menggelontorkan bantuan dana ke desa dengan nilai yang besar, yakni hingga 1,7 triliun Rupiah. Maka, dengan adanya penggelontoran dana bantuan ke desa sebanyak itu, maka para aparatur desa hendaknya bisa melakukan pengelolaan akan bantuan yang dia gelontorkan dengan sangat baik, dan seluruhnya hanya demi kepentingan rakyat saja.

Jangan sampai dengan adanya dana desa yang digelontorkan dengan jumlah besar itu, justru ke depannya tidak digunakan demi memberikan fasilitas akan kepentingan masyarakat dan malah digunakan secara pribadi oleh kelompok atau golongan tertentu demi kepentingan mereka saja.

Ganjar Pranowo dengan tegas mewanti-wanti seluruh aparatur desa di Jawa Tengah untuk tidak melakukan korupsi, tidak pula melakukan pungutan liar (pungli). Selain itu, untuk bisa memastikan agar tidak terjadi hal-hal yang sama sekali tidak dikehendaki dan berpotensi untuk merusak kepercayaan publik tersebut, maka dirinya menegaskan agar dilakukan laporan yang sesuai dengan jadwal.

Misalnya para aparatur desa tersebut mengalami sebuah kendala ataupun kesulitan tertentu dalam berbagai hal, pemimpin berusia 54 tahun itu mengimbau agar mereka bisa menyampaikan saja apa adanya sehingga pihak Pemprov Jateng akan langsung memberikan bantuan dan mendampingi agar kesulitan tersebut bisa segera teratasi dengan baik.

Besar sekali harapan yang dimiliki oleh capres dari partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut untuk bisa melakukan pembangunan di seluruh pelosok dan desa di Jawa Tengah dan juga semakin mempercepat program pembangunan di wilayah itu.

Lebih lanjut, Ganjar Pranowo sendiri kemudian mengingatkan kepada seluruh aparatur desa agar bisa berkomitmen dengan tinggi dan bekerja dengan keras untuk mengejar target akan penurunan angka kemiskinan ekstrem serta stunting yang terdapat di wilayah Jawa Tengah. Karena memang kedua hal itu sampai saat ini terus dan telah menjadi sebuah perhatian secara prioritas, baik pada tingkat nasional hingga tingkat daerah.

Seluruh upaya tersebut, mulai dari bagaimana agar bisa menjaga tingkat kepercayaan masyarakat, kemudian juga menjamin dan berupaya agar pembangunan di daerah bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang direncanakan, termasuk juga mengupayakan adanya penekanan angka kemiskinan ekstrem hingga stunting di daerah akan terjadi dengan maksimal dan optimal apabila semua perangkat desa tidak melakukan tindak korupsi dan juga pungli. Maka dari itu, Ganjar Pranowo selaku pemimpin yang sangat bersih benar-benar sangat tegas kepada semua jajarannya untuk tidak sampai melakukan korupsi dan pungli.

)* Penulis adalah koordinator Gerakan Bersatu Untuk Ganjar Pranowo Menang (Gerbang)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda