Mengapresiasi Keberlanjutan Pembangunan DOB Papua - BERITA GORONTALO

Minggu, 28 Mei 2023

Mengapresiasi Keberlanjutan Pembangunan DOB Papua

Oleh : Theresia Wopari )*

Pembangunan akan pemekaran wilayah melalui diterapkannya daerah otonomi baru (DOB) Papua terus saja berjalan. Untuk bisa mengawal seluruh berjalannya program dan kebijakan akan pembangunan tersebut, semua aparat keamanan termasuk Polri, TNI dan BIN terus mendukung penuh agar keputusan Pemerintah RI bisa diterapkan dan dieksekusi dengan maksimal dengan melakukan berbagai macam bentuk kesiapan personel.

Saat ini memang terus mengalami proses dan sedang berjalan mengenai adanya pembangunan akan pemekaran wilayah melalui daerah otonomi baru (DOB) Papua. Terkait hal tersebut, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Mathius D Fakhiri menjelaskan bagaimana kesiapan terkini, khususnya pihak aparat keamanan untuk bisa terus mengawal pembangunan di Bumi Cenderawasih.

Dengan adanya pembangunan di Papua yang terus digencarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI) semenjak era kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang hendak mengubah paradigma pembangunan selama ini di Tanah Air, yakni sudah tidak Jawasentris lagi dan tidak hanya sekedar memasifkan pembangunan di beberapa wilayah tertentu saja.

Melainkan Presiden Jokowi sendiri sangat bertekad untuk bisa mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh pelosok negeri hingga mengubah paradigma menjadi Indonesiasentris, yang mana pemerataan pembangunan akan dilakukan bahkan termasuk di wilayah paling pelosok di Indonesia Timur dan juga Papua.

Maka dari itu, pihak Polda Papua berupaya untuk terus memberikan dukungan dengan juga melakukan pembangunan sebanyak 3 (tiga) Polda di Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. Terkait dengan komitmen kuat tersebut, bahkan pihak Markas Besar (Mabes) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah mengirimkan beberapa kali tim ke Polda Papua untuk terus melihat bagaimana kesiapan akan seluruh personel mereka dalam pemberian dukungan untuk pembangunan Bumi Cenderawasih.

Diketahui bahwa pihak Mabes Polri langsung dikirimkan dan datang ke Tanah Papua untuk melihat seperti apa kesiapan akan pembentukan Polda Papua Tengah, Polda Papua Pegunungan dan juga Polda Papua Selatan.

Tugas untuk bisa membantu dan terus mendukung pembangunan Papua sebenarnya bukanlah hanya kewajiban dari salah satu instansi saja, melainkan hal itu merupakan bentuk tanggung jawab seluruh pihak, utamanya dari para personel aparat keamanan yang terdiri dari pasukan gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menegaskan bahwa para aparat keamanan dari personel gabungan akan terus mengawal seluruh kebijakan pemerintah RI, utamanya terkait dengan pembangunan di Tanah Papua termasuk pada upaya penegakan hukum dan juga untuk upaya menjaga situasi yang tetap kondusif di wilayah tersebut.

Sinergitas antar seluruh aparat keamanan TNI, Polri dan BIN memang sangat penting untuk terus digelorakan. Maka dari itu, sejak awal, koordinasi dan juga komunikasi terus dijalin dengan berbagai pihak, termasuk juga kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat hingga para para Kementerian terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ketika sinergitas, komunikasi dan koordinasi bisa terjalin dengan baik dan maksimal, maka hal ini sangat penting untuk dilakukan karena untuk bisa mengetahui seperti apa atau bagaimana saja hal yang mungkin menjadi kendala dalam pelaksanaan semua program pembangunan infrastruktur serta pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Bumi Cenderawasih.

Setelah adanya koordinasi dan komunikasi yang baik dilakukan oleh semua aparat keamanan dari personel gabungan tersebut, maka peran selanjutnya yang sangat diperlukan oleh jajaran TNI, Polri dan BIN adalah untuk bisa memastikan agar seluruh kebijakan dari Presiden RI, Joko Widodo terkait dengan pemerataan pembangunan dan juga upaya untuk peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat di Papua bisa dikawal agar berjalan dengan maksimal.

Upaya tersebut merupakan sebuah rangkaian dari Pemerintah RI demi benar-benar bisa memastikan adanya peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat di Tanah Papua. tentunya dengan kehadiran dan juga dukungan penuh dari semua personel aparat keamanan pasukan gabungan tersebut, maka semuanya bisa berjalan dengan lancar dan baik.

Sebagai informasi, beberapa kebijakan Pemerintah RI untuk pembangunan di wilayah Papua adalah mengenai program prioritas di Bumi Cenderawasih, yakni adanya pembangunan destinasi wisata, pengembangan kawasan perkotaan dan juga infrastruktur kawasan pertanian.

Di samping program prioritas pembangunan di Papua tersebut, juga terdapat sebiah Major Project, yakni diantaranya adalah pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pengembangan Bandar Udara (Bandara), dan juga ada pula beberapa program terkait lainnya seperti pemerkaran wilayah melalui daerah otonomi baru (DOB) Papua serta penugasan khusus para tenaga kesehatan (nakes) di wilayah Papua dan Papua Barat.

Pihak aparat keamanan mulai dari Polri, TNI dan BIN terus saja melakukan berbagai persiapan atas bentuk dukungan penuh mereka untuk terus mengawal seluruh kebijakan dan program Pemerintah RI agar bisa berjalan dengan maksimal serta optimal untuk pembangunan Papua. Hal tersebut memang menjadi sangat penting akan adanya kontribusi dari seluruh pihak, lantaran sampai saat ini, pembangunan di DOB Papua sendiri masih terus berjalan.

)* Penulis adalah Mahasiswa Papua tinggal di bandung

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda