Ketua DPC PDI Perjuangan Padang Sumbar Tegaskan Presiden Jokowi Dukung Ganjar - BERITA GORONTALO

Kamis, 28 September 2023

Ketua DPC PDI Perjuangan Padang Sumbar Tegaskan Presiden Jokowi Dukung Ganjar

Oleh : Benny Syahputra)*

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Albert Hendra Lukman menyatakan bahwa Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) telah melabuhkan dukungannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang kepada Ganjar Pranowo.

Selain itu, pihak partai politik (parpol) pengusung pemimpin yang identik dengan rambut berwarna putih itu sama sekali tidak gentar dan tidak panik. Bahkan mereka terus solid dan kompak di tengah berbagai macam terjadinya dinamika politik belakangan ini, karena pastinya dalam sebuah negara yang menganut sistem demokrasi, adanya dinamika dan perubahan peta dukungan ataupun koalisi yang mengejutkan merupakan hal yang lumrah dan biasa saja untuk ditanggapi.

Senada, kayakinan yang sama pun muncul dari Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDI Perjuangan (TKRPP-PDIP) Eko Sulistyo bahwa dirinya merasa sangat yakin kalau Presiden Jokowi akan memenangkan Capres Ganjar Pranowo. Justru akan menjadi aneh dan tidak bisa dipercaya apabila misalnya Kepala Negara menjatuhkan pilihannya kepada pihak kandidat lain.

Beberapa bukti nyata bisa dilihat mengapa dukungan penuh dari Presiden RI ketujuh itu kepada sosok kader dari partai politik berlogo banteng dengan moncong putih juga. Pasalnya, bukan hanya karena sekedar terlahir dari rahim parpol yang sama, melainkan sejak tanggal 21 April 2023 lalu, tatkala pertama kali PDI Perjuangan resmi mengumumkan Ganjar sebagai Capres yang mereka usung, Presiden Joko Widodo bahkan ikut hadir secara langsung.

Dukungan untuk Ganjar Pranowo sendiri bukan hanya datang dari Kepala Negara saja, melainkan juga datang dan terus diperkuat oleh seluruh pihak relawan Pro Jokowi (Projo) yang memberikan dukungan penuh kepada sosok pemimpin kelahiran Kabupaten Karanganyar itu. Mengenai hal tersebut, Ketua Dewan Penasihat Projo, Madchan Hadi Rusyanto mengungkapkan bahwa pihaknya sudah sangat siap untuk bisa terus mengawal kemenangan secara maksimal pada tahun 2024 mendatang, sebagaimana dulu mereka bisa mengawal kemenangan dari Presiden Joko Widodo.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memang sejak awal, Relawan Projo sendiri didirikan dalam rangka untuk bisa terus mendukung penuh Presiden Jokowi. Kemudian, dalam pelaksanaan pesta demokrasi dan kontestasi politik, yakni pada perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang, mereka telah membulatkan tekad dan menegaskan akan terus bergerak untuk melanjutkan semangat mereka semua, berupa semangat yang sama dalam rangka memenangkan Ganjar Pranowo.

Padahal sebenarnya seluruh pihak Relawan Projo sudah menegaskan diri mereka akan mendukung sosok pemimpin berusia 54 tahun itu dalam Pilpres 2024 nanti, akan tetapi belakangan juga masih saja terdapat sebuah isu dan pemberitaan yang beredar dari sekelompok pihak yang tidak bertanggung jawab namun mereka mengatasnamakan sebagai Projo dan mengaku telah mendukung calon lainnya.

Tentunya hal tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi, pasalnya Relawan Projo sendiri lahir dari rahim yang sama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni PDI Perjuangan. Sehingga sudah barang tentu mereka pastinya juga akan melabuhkan dukungan mereka kepada sosok Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh partai politik (Parpol) pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

Justru dengan adanya sekelompok pihak yang kemudian mereka mengaku seolah sebagai Relawan Projo akan tetapi malah mendukung calon lain selain Ganjar Pranowo, jelas sekali bahwa hal demikian merupakan sebuah hal yang sangat menyimpang dari garis yang telah disepakati bersama untuk sama sekali tidak mendukung pihak lain selain dari PDI Perjuangan.

Untuk itu, justru dengan adanya fenomena pengakuan sekelompok pihak yang kemudian mereka mengaku sebagai Relawan Projo akan tetapi justru mendukung kandidat lain sebenarnya patut dikecam karena mereka mengatasnamakan nama relawan namun hanya demi kepentingan pribadi mereka saja.

Maka dari itu, Ketua Dewan Penasihat Projo kembali menegaskan bahwa dalam pelaksanaan Pilpres 2024 mendatang, memang secara resmi pihaknya yang merupakan Relawan Pro Jokowi mendukung penuh dan berkomitmen kuat untuk bisa mengawal kemenangan Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Akademi Rumah Bangsa, Afrifan Eldo Yura menilai bahwa selama ini sosok pemimpin yang paling ideal dan sangat dicari oleh semua masyarakat di Tanah Minang Sumatera Barat (Sumbar) itu memang ada pada diri Ganjar Pranowo lantaran karakter kepeimpinannya memang telah sesuai dengan konsep pemimpin ideal mereka, yakni Tokoh, Takah dan Tageh.

Beberapa hal konkret yang bisa mendukung pernyataan tersebut, adalah bahwa bagaimana masyarakat di Sumatera Barat sendiri merupakan terdiri dari golongan orang yang religius, sedangkan untuk Ganjar Pranowo bahwa memiliki istri anak dari seorang kyai, sehingga secara pribadi, religiusitas yang dimilikinya juga sama sekali tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, dirinya juga merupakan sosok pemimpin yang sangat dekat dengan rakyatnya.

Karakter pemimpin yang merakyat itu juga hampir sama persis dengan karakter kepemimpinan yang dimiliki oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama ini tatkala memimpin Tanah Air selama dua periode atau sepuluh tahun terakhir. Tidak sampai di sana, karena keduanya juga merupakan berasal dari rahim partai yang sama, yakni PDI Perjuangan, maka sudah barang tentu Kepala Negara menjatuhkan pilihannya dalam Pilpres 2024 mendatang kepada sosok Ganjar Pranowo.

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Kota Padang

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda