Siap Diresmikan Jokowi, PYCH Mewadahi Kreativitas Pemuda Papua - BERITA GORONTALO

Rabu, 15 Maret 2023

Siap Diresmikan Jokowi, PYCH Mewadahi Kreativitas Pemuda Papua

Oleh: Boy Wambraw *)

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) menjadi wadah pengembangan talenta dan kreativitas pemuda Papua. Gedung yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) pun kin telah selesai dikerjakan dan siap diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Upaya pemerintah dalam memeratakan pembangunan mulai dari ujung barat hingga timur Indonesia mulai terlihat. Tak hanya wacana semata, pemerataan tersebut kini telah memberikan manfaat kepada masyarakat setempat.

Di bagian timur Indonesia, tepatnya Papua, pemerintah memajukan pembangunan infrastruktur yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu pembangunan infrastruktur yang dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua adalah pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH).

Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) 09/2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) untuk mendukung percepatan pembangunan yang ada di wilaya timur Indonesia.

Papua Youth Creative Hub (PYCH) merupakan sebuah wadah yang menghimpun sumber daya manusia muda berprestasi dari berbagai lintas disiplin ilmu pengetahuan asal Papua. Sebagai salah satu upaya Pemerintah Indonesia dalam mendukung peran generasi muda untuk mengelola potensi ekonomi Papua.

Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia mendukung pembangunan gedung yang bakal menjadi pusat pengembangan diri talenta muda di wilayah berjuluk Bumi Cenderawasih tersebut.

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) itu akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Maret 2023. Gedung ini nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) dan dibantu oleh BIN dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. Harapannya kreativitas yang selama ini sudah dimiliki teman-teman muda Papua bisa muncul di panggung nasional dan internasional.

Seperti diketahui, Papua Muda Inspiratif adalah tempat bagi para pemuda Papua untuk menyalurkan bakatnya. Tak hanya di bidang seni, mereka juga dilatih agar menjadi pengusaha muda yang mandiri. Dengan program ini maka diharap orang asli Papua (OAP) memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dan berkualitas tinggi.

PMI adalah wadah yang di percayakan Presiden Jokowi dan di dampingi langsung Deputi IV Ekonomi Badan Intelijen Negara (BIN) mendorong semua generasi muda Papua bekerja dan menciptakan produk-produk unggulan UMKM dan teknologinya untuk di pasarkan guna memperkuat ekonomi Papua dan juga nasional.

Papua Muda Inspiratif (PMI) didirikan oleh 21 pemuda dan pemudi Papua, yang berasal dari berbagai bidang. Diharap dengan adanya program ini maka talenta para pemuda di Bumi Cendrawasih jadi tertampung. Selain itu mereka akan dilatih oleh Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mandiri, sehingga bisa menurunkan angka pengangguran di Papua.

Tanah Papua merupakan wilayah yang memiliki sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang melimpah. Hanya saja, potensi yang ada di wilayah timur Indonesia tersebut masih belum dimaksimalkan. Presiden Joko Widodo sejak masa jabatan pemerintahannya memiliki perhatian khusus kepada bumi cendrawasih tersebut. Presiden Joko Widodo banyak melakukan pembangunan infrastruktur pada wilayah tersebut guna pemerataan pembangunan. Bahkan Presiden Joko Widodo meyakini masih banyak potensi dari tanah Papua yang belum terjamah.

Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang diinisiasi oleh BIN dan PMI ini merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan potensi SDM masyarakat Papua. Pembangunan PYCH juga merupakan langkah yang tepat dalam pemerataan pembangunan infrastruktur dalam rangka menyejahterakan wilayah Papua tersebut.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo mengapresiasi gagasan besar berupa dibangunnya pusat kreativitas pemuda, Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai langkah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Dengan didirikannya organisasi PMI ini, kesejahteraan masyarakat Papua dapat direalisasikan dan muncul gagasan-gagasan baru untuk menjadi jembatan bagi Indonesia maju.

Banyak bibit unggul dengan talenta yang sangat baik di Papua dan Papua Barat baik di bidang sains, seni budaya, maupun bidang olahraga, dan ini menjadi tugas besar pemerintah untuk menyiapkan manajemen talenta yang baik untuk menata, di sinilah nanti peran Papua Youth Creative Hub (PYCH).

Nantinya, Berbagai program juga akan dilakukan seperti pelatihan, pengambangan diri, dan pembinaan yang akan dilakukan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI). Pembinaan ini penting dilakukan mengingat potensi yang dimiliki oleh muda-mudi Papua sangat melimpah. Dengan pembinaan yang dilakukan oleh BIN, diharapkan dapat membantu anak muda Papua dalam mengasah potensi sehingga mereka bisa menyalurkan bakat-bakatnya demi kemajuan Indonesia.

Organisasi PMI yang secara khusus dibina langsung oleh Deputi IV ekonomi BIN ini telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Papua. BIN bersama PMI terus berupaya dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat Papua guna menyejahterakan wilayah ber juluk bumi cendrawasih tersebut.

Papua memiliki banyak potensi, dengan dibangunnya gedung PYCH, potensi dari tanah Papua dapat terbangun dan menjadi bagian dari perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yang ada di Papua serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk itu, Papua Muda Inspiratif (PMI) merupakan langkah yang tepat untuk menjadi sebuah organisasi yang mewadahi orang asli Papua (OAP) untuk bisa berkontribusi dalam memajukan kesejahteraan Papua. Para generasi muda Papua dapat dengan mudah menjadi bagian dari perkembangan ekonomi di Papua dengan berbagai program yang dijalankan oleh PMI yang akan melibatkan para pemuda Papua.

Apalagi dengan pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai pusat pengembangan kreativitas serta minat dan bakat para pemuda Papua akan mendorong perkembangan dan kemajuan masyarakat Papua.

*) Mahasiswa Papua di Bali

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda