Siap Diresmikan Jokowi, PYCH Akselerasi Kemajuan Pemuda Papua - BERITA GORONTALO

Kamis, 16 Maret 2023

Siap Diresmikan Jokowi, PYCH Akselerasi Kemajuan Pemuda Papua

Jayapura — Peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) oleh Presiden RI, Joko Widodo kini tinggal menghitung hari.

Gedung tersebut akan digunakan dan dimanfaatkan oleh organisasi kepemudaan binaan Badan Intelijen Negara (BIN), Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk menjalankan seluruh program kerja mereka dalam membantu percepatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasih.

Menjelang peresmian tersebut, PMI terus berkolaborasi, mengembangkan diri dan berkomitmen untuk menjadi motor penggerak pengembangan SDM muda di Papua. Tidak hanya itu, PMI juga terus mematangkan acara peresmian PYCH.

Terkait hal itu, Project Manager Bidang Industri Kreatif, PMI, Aksamina Woisri menyatakan bahwa akan ada perkenalan sejumlah aplikasi di Gedung PYCH.

“Hingga berencana akan memperkenalkan sejumlah aplikasi yang bermanfaat untuk masyarakat, khususnya anak muda,” katanya.

Lebih lanjut, PMI berterima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo dan Kepala BIN, Jend Pol (Pun) Budi Gunawan atas dukungan mereka dalam pembangunan Gedung PYCH.

Dirinya berharap agar fasilitas tersebut mampu dipergunakan untuk mendorong kemajuan Bumi Cendrawasih.

"Semoga ini dapat kita gunakan dengan baik untuk mendorong kemajuan di Tanah Papua," tutur Aksamina.

Senada, Sekretaris PMI Wilayah Papua, Vitha Faidiban mengungkapkan bahwa pembangunan Gedung PYCH merupakan salah satu dari banyak fasilitas yang diberikan kepada para generasi muda Papua oleh Presiden Jokowi dan Kepala BIN Jenderal (P) Budi Gunawan.

"Saya mewakili PMI mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan, atas kebaikan dan cintanya untuk Tanah Papua, sehingga kami diberikan kesempatan menempati gedung ini, untuk bisa berinovasi, memberikan karya terbaik bagi Tanah Papua dan untuk Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator PMI Provinsi Papua Barat, Simon Tabuni menerangkan bahwa gedung PYCH akan menjadi tempat untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi yang dimiliki generasi muda Papua.

Menurutnya, pembangunan akan terjadi dengan maksimal ketika para pemuda bisa bergerak dan menunjukkan kontribusinya.

"Ketika anak muda bergerak dan berkontribusi lewat ide-ide kreatifnya, maka pembangunan akan berjalan," sebut Simon.

Menjelang serah terima gedung PYCH tersebut dari Kementerian PUPR kepada BIN sebagai pengelola sarana itu, Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya kemudian melakukan peninjauan.

Made Kartikajaya selaku pembina PMI melakukan pemeriksaan seluruh ruangan dan fasilitas untuk memastikan bagaimana pengerjaannya diselesaikan.

Sebagai informasi, PYCH memiliki gedung utama dan terdiri dari dua lantai serta dua gedung asrama.

Gedung tersebut juga dilengkapi dengan internet berkecepatan 100 Mbps serta ada pula CCTV hingga ruang kontrol.

Tidak sampai di sana, namun kecanggihan fasilitas gedung PYCH untuk mengakselerasi pengembangan bakat dan minat generasi muda Papua, juga di dalamnya sudah terdapat alarm kebakaran yang terpusat di ruang kontrol. Gedung yang diinisiasi oleh BIN tersebut juga mengadopsi konsep green building yang memanfaatkan energi alam, seperti pada pencahayaan dan angin.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda