Semangat Anak Muda Papua Kembangkan Skill dan Kreativitas Jelang Peresmian PYCH - BERITA GORONTALO

Sabtu, 18 Maret 2023

Semangat Anak Muda Papua Kembangkan Skill dan Kreativitas Jelang Peresmian PYCH

Papua - Gedung Papua Youth Creative Hub atau PYCH siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Bangunan yang terletak di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua ini, menjadi wadah bagi talenta muda sekaligus pusat pengembangan kreativitas dan inovasi pemuda Papua.

PMI (Papua Muda Inspiratif), dengan menggandeng pemuda Papua lainnya serta para stakeholder, memanfaatkan Gedung tersebut untuk berbagai program dalam mengembangkan SDM dan usaha peningkatan ekonomi masyarakat.

Keberadaan PYCH dan PMI menjadi salah satu upaya BIN untuk mendukung kemajuan generasi muda Papua.

Banyak program yang diselenggarakan PMI melalui berbagai kegiatan pengembangan diri, termasuk juga untuk melengkapi keahlian berbisnis, termasuk soft skill lainnya, seperti komunikasi, kepemimpinan, dan dasar-dasar manajemen.

Saat ini, komunitas pemuda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH) memperkenalkan aplikasi mereka yakni Pacific Park Tour and Travel, Containder (manajemen bank sampah), Aplikasi Pendamping Desa, dan Manajemen Talenta Papua. Aplikasi tersebut bertujuan untuk mendorong kemajuan Papua.

Koordinator keempat aplikasi buatan anak Papua di PYCH, Nanny Uswanas menjelaskan, aplikasi Pacific Park Tour and Travel menjadi solusi dari masalah wisata untuk sejumlah wilayah di Papua. Adapun Pemuda Papua yang masuk dalam organisasi Papua Muda Inspiratif merupakan binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Kami mencoba untuk mengintegrasikan antara ekosistem wisata di sana. Kami lihat kan di Papua akses wisatanya agak susah, informasi juga tentang destinasi-destinasi wisata di Papua yang terkenal juga hanya beberapa," kata Nanny dalam keterangan tertulis kepada media.

Ia mengatakan aplikasi ini juga mengenalkan wisata lain dan mengintegrasikannya.

Dalam kesempatan yang sama, Nanny turut mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena telah membangun gedung PYCH di Jayapura Papua. Menurutnya, gedung tersebut bermanfaat untuk menjadi wadah bagi anak muda Papua dalam menuangkan kreativitas mereka.

"Saya mewakili founder dan seluruh anggota Papua Muda Inspiratif di seluruh Papua, ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Jokowi yang sudah memberikan wadah untuk pengembangan talenta di tanah Papua," tutur Nanny.

Ia pun turut mengucapkan terima kasih kepada BIN yang sudah melakukan pembinaan dan dukungan penuh atas kreasi serta hasil karya anak muda Papua.

Sebelumnya, salah satu anggota kelompok pembudidaya ikan nila di Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Jayapura, Papua, Franspouw mengatakan, dengan pendampingan yang dilakukan PMI, perkembangan budidaya di kelompoknya berkembang sangat baik.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada BIN, KKP dan PMI yang telah bersama-sama dengan kelompok kami untuk budiaya ikan nila dengan sistem bioflok," ujar Franspouw.

Badan Intelijen Negara (BIN) terus mendorong kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Papua, salah satunya melalui pembinaan organisasi pemuda, yakni Papua Muda Inspiratif (PMI), termasuk juga dengan mendukung pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang bertujuan untuk meningkatkan talenta dan potensi generasi muda Papua dalam rangka mengakselerasi pemerataan pembangunan di Papua. []

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda