Segera Diresmikan Jokowi, Gedung PYCH Galang Kreativitas Pemuda Papua - BERITA GORONTALO

Jumat, 17 Maret 2023

Segera Diresmikan Jokowi, Gedung PYCH Galang Kreativitas Pemuda Papua

Jayapura - Sekretaris Papua Muda Inspiratif (PMI) Provinsi Papua Vitha Faidiban mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Presiden RI Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan atas dukungan pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH).

“Saya mewakili PMI mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Kepala BIN Budi Gunawan. Ini gedung sangat luar biasa dan membantu kami anak muda Papua untuk berkreasi dan berinovasi,” ungkap Vitha.

Menurutnya, Gedung PYCH ini dibangun dengan megah dan disertai fasilitas yang lengkap untuk dapat menunjang minat, bakat dan kreativitas generasi muda Papua.

“Gedung itu akan digunakan oleh PMI dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PMI akan berkolaborasi dengan sejumlah pihak, mengembangkan diri dan terus menjadi penggerak pengembangan bagi SDM muda di Bumi Cendrawasih,” lanjut Vitha

Gedung ini, memiliki gedung utama yang terdiri atas dua lantai, dan dua gedung asrama. Ada ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi hingga perpustakaan. Ada juga ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas lebih dari 300 orang. Ruangan ini bisa digunakan pertunjukkan, keagamaan, budaya dan lainnya.

Nantinya, setiap ruangan akan dilengkapi dengan internet berkecepatan 100 Mbps dengan bandwith upstream downstream simetris 1:1. Ada juga CCTV hingga ruang kontrol.  Tentunya dengan kapasitas internet secepat itu akan lebih memudahkan pemuda – pemuda Papua untuk dapat meningkatkan sumberdaya manusianya agar dapat bersaing dengan pemuda – pemuda lainnya di Indonesia.

Di samping gedung utama, ada fasilitas olah raga seperti lapangan futsal dan basket. Kantor pusat PMI juga berada dalam gedung tersebut untuk mempermudah komunikasi dan koordinasi dengan para stakeholders dan para pemuda Papua yang ingin mengembangkan dirinya di berbagai bidang.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Corneles Sagrim, menyampaikan bahwa gedung PYCH sudah siap untuk diresmikan oleh Presiden RI.

“Sampai hari ini pembangunan telah selesai. Fasilitas di gedung utama ada tempat misalnya untuk pembelajaran, pameran, perpustakaan, co-working space, cafe, bisnis kecil-kecilan, perpustakaan, ada kantor, pantri dan sebagainya,” kata Sagrim.

Sagrim menyatakan gedung ini telah siap diresmikan oleh Presiden Jokowi pada bulan Maret 2023. Gedung PYCH dibangun berkonsep green building yang memanfaatkan energi alam, seperti pencahayaan dan angin. Sementara, desain arsitektur atap gedung utamanya terinspirasi dari rumah adat masyarakat Kota Jayapura dan Wamena, yakni atap Honai dan atap Kariwari.

Gedung PYCH akan menjadi tempat talenta-talenta muda di Papua berkembang dengan pesat. Selain itu, PYCH dapat berperan sebagai pusat kreativitas pemuda – pemuda Papua baik dalam bidang industry kreatif, kesehatan, UMKM, Pendidikan dan berbagai kegiatan lainnya yang menunjang peningkatan SDM generasi muda Papua.

Selain melakukan peresmian Gedung PYCH di Kabupaten Jayapura, rencananya Presiden Jokowi akan melakukan Video Conference dengan para petani, peternak, pelaku industri kreatif binaan PMI dan BIN dibeberapa daerah di Papua seperti pertanian jagung di Kampung Sitori Kab. Tambrauw Papua Barat Daya, peternakan ayam petelur Kabupaten Jayapura, peternakan Babi Milik Albert Burwas Kabupaten Manokwari Papua Barat, Bengkel Sapi PMI distrik Bomberay Kab. Fak – Fak, dan UMKM dari Sanggar dan Galeri Generasi Akhir Zaman (GAZ) Kab. Merauke.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda