Sambut Peresmian PYCH, PMI Ajak Pemuda Papua Lakukan Hal Positif dan Produktif - BERITA GORONTALO

Jumat, 17 Maret 2023

Sambut Peresmian PYCH, PMI Ajak Pemuda Papua Lakukan Hal Positif dan Produktif

Oleh : Timotius Gobay )*

Menyambut adanya peresmian Gedung PYCH, PMI mengajak seluruh generasi pemuda di Papua untuk melakukan berbagai macam hal yang positif dan juga produktif. Tentunya itu untuk bisa semakin meningkatkan kualitas dan saya saing SDM muda Papua sehingga mereka bisa berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dibangun dengan megah, serta memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua. Gedung ini nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih tersebut.

Papua Muda Inspiratif menyampaikan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, atas dukungan pembangunan Gedung PYCH tersebut.

Dengan kehadiran Gedung PYCH, maka menurut Sekretaris PMI Provinsi Papua, Vitha Faidiban jelas akan sangat membantu seluruh generasi muda di Papua dalam membuat banyak karya dan melakukan segala jenis hal yang bisa mereka lakukan untuk kebaikan masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Gedung PYCH menurutnya dibangun dengan megah, serta memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di tanah Papua. Gedung itu nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh PMI dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PMI nantinya kata dia akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih tersebut.

Menjelang peresmian, Papua Muda Inspiratif melakukan segala persiapan. Di antaranya menghiasi gedung dengan ornamen khas Papua, melakukan sejumlah kegiatan sebelum peresmian, hingga berencana akan memperkenalkan sejumlah aplikasi yang bermanfaat untuk masyarakat, khususnya anak muda.

Mengenai banyaknya persiapan menjelang peresmian gedung PYCH, Project Manager Bidang Industri Kreatif PMI, Aksamina Woisiri menyebutkan bahwa Gedung tersebut akan dihiasi dengan sejumlah ornamen khas dari Papua, termasuk diantaranya adalah patung kayu. Bukan hanya itu, namun gedung tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lainnya seperti adanya lapangan futsal dengan rumput sintetis dan lapangan basket.

Beberapa bentuk persiapan lain tentunya terus dilakukan oleh PMI, selaku organisasi di bawah binaan BIN yang juga akan mengisi seluruh kegiatan dan akan mengelola bagaimana Gedung PYCH dimanfaatkan. Mereka juga menggelar pelatihan di gedung tersebut dengan menggandeng beberapa pelatih profesional asal Bali untuk bisa membimbing para anak muda di Papua dalam membuat aksesoris yang menarik dan mampu menghasilkan nilai ekonomis.

Salah seorang pelatih, Ode Krisna Bhuana menjelaskan bahwa adanya tujuan pelatihan tersebut digunakan untuk bisa menciptakan aksesoris yang bukan hanya sekedar menarik saja, namun juga memiliki kebergunaan tertentu. Tentunya dengan adanya pelatihan untuk membuat aksesoris, maka akan mampu meningkatkan berjalannya UMKM yang langsung dilakukan oleh masyarakat Papua.

Hal tersebut jelas sekali dalam rangka untuk mendukung UMKM di Papua agar bisa lebih berguna, bangkit dan juga bisa memiliki harga jual yang layak namun kualitasnya terjamin dengan baik.

Berbagai macam kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut dilakukan dalam rangka menyambut adanya peresmian Gedung PYCH yang akan segera dilakukan oleh Presiden Jokowi secara langsung. Menuru Pj Bupati Jayapura, Triwarno, dirinya mengajak para anak muda Papua untuk bisa ikut bersama dengan PMI dan melakukan banyak hal yang positif serta produktif dan mampu memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.

Koordinator PMI Jayapura, Daud Edison Yarisetouw kemudian mewakili PMI untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo dan kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jend Pol (Purn) Budi Gunawan lantaran mereka telah memberikan dukungan yang sangat tinggi dan juga berarti termasuk juga membina para anak muda di Papua sehingga mereka bisa berkontribusi untuk turut serta dalam mempercepat kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Dengan banyaknya serangkaian kegiatan melalui program kerja yang dilaksanakan oleh PMI untuk mengajak kepada seluruh generasi muda Papua agar terus melakukan banyak hal yang positif dan produktif, tentunya akan melatih para anak muda di Papua sehingga mereka juga secara kualitas SDM akan turut meningkat dan mampu bersumbangsih dalam pembangunan Papua. Inisiasi yang selalu dilakukan oleh PMI tersebut juga sangat sejalan dengan upaya Pemerintah dan BIN dalam menciptakan pemerataan pembangunan dan pemerataan kesejahteraan di Tanah Papua, termasuk dalam membangun Gedung PYCH yang dalam waktu dekat akan segera diresmikan.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Gorontalo

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda