PYCH Wujud Komitmen BIN Tingkatkan Kompetensi Talenta Muda Papua - BERITA GORONTALO

Minggu, 19 Maret 2023

PYCH Wujud Komitmen BIN Tingkatkan Kompetensi Talenta Muda Papua

Jayapura - Pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) menjadi bukti komitmen Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menghadirkan fasilitas bagi para pemuda Papua guna mengembangkan potensi dan memaksimalkan talenta mereka. Hal tersebut juga sebagai respons atas arahan Presiden Jokowi yang sebelumnya mengadakan pertemuan dengan Papua Muda Inspiratif (PMI) pada September 2019.

Pemerintah melalui berbagai stakeholder mendukung penuh pembangunan PYCH sebagai pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda-pemudi Papua dan Papua Barat dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua.

Sekretaris PMI Provinsi Papua, Vitha Faidiban mengatakan peningkatan kreativitas anak muda di Papua yang diinisiasi oleh PMI mendapat dukungan dari berbagai pihak. Hal ini karena PMI merupakan sebuah gerakan kolaboratif bagi generasi muda Papua yang akan berkarya untuk kesejahteraan Papua.

“PMI sendiri adalah sebuah organisasi binaan Badan Intelijen Negara (BIN) yang memiliki tugas membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua. Lewat PMI, diharapkan generasi muda Papua dapat mengimplementasikan potensi dan ide kreatifnya dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan di Tanah Papua,” kata Vitha

Gedung PYCH dibangun dengan megah, serta memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua. Gedung ini nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh PMI dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih tersebut.

Lebih lanjut, Koordinator PMI Provinsi Papua Barat, Simon Tabuni juga menyatakan bahwa gedung PYCH akan mampu menjadi wadah bagi para anak muda Papua untuk meningkatkan kompetensi talenta anak muda Papua sekaligus pengembangan minat dan bakat dalam rangka kemajuan Tanah Papua.

“Papua Muda Inspiratif menyampaikan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H, M.Si, atas komitmen nyata dalam pengembangan kreativitas anak muda Papua, salah satunya dengan pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub tersebut,” ujar Simon Tabuni.

Gedung PYCH dilengkapi dengan internet berkecepatan 100 Mbps yang tersebar di seluruh gedung. Kantor pusat PMI juga berada dalam gedung tersebut. Selain itu, juga ada ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas lebih dari 300 orang. Ruangan ini bisa digunakan pertunjukkan, keagamaan dan lainnya.

Selanjutnya, juga tersedia uangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi hingga perpustakaan. Semua fasilitas tersebut diharapkan dapat mengakselerasi talenta muda Papua menjadi generasi penerus bangsa yang kreatif dan inovatif serta siap menyongsong kemajuan zaman.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda