PYCH Maksimalkan Potensi Kreativitas Pemuda Papua Manfaatkan Gedung Papua Youth Creative Hub - BERITA GORONTALO

Senin, 20 Maret 2023

PYCH Maksimalkan Potensi Kreativitas Pemuda Papua Manfaatkan Gedung Papua Youth Creative Hub

Papua – Komunitas Papua Youth Creative Hub (PYCH) terus berupaya mengasah kemampuan dan kreativitas anak-anak muda Papua melalui sejumlah rangkaian pelatihan salah satunya adalah dengan workshop batik sebagai salah satu budaya Bumi Cendrawasih.

Pelatihan yang dilakukan di Gedung PYCH tersebut mendapatkan antusiasme dari para peserta mengingat batik memiliki banyak motif dan teknik yang dapat dieksplorasi para pemuda Papua. Miriam Veronica selaku pengajar dalam kegiatan pelatihan tersebut menyebutkan motif dalam batik yang dibuat dalam pelatihan tersebut adalah motif khas Papua yang bersifat autentik karena hasil buah pemikiran para peserta.

“Ada yang mengangkat motif dari lambang keluarga mereka sendiri, ada yang dari tumbuhan, juga ada dari hewan-hewan air seperti penyu yang berarti umur panjang, dan banyak lagi yang kami tambahkan di situ, yang kami ambil dari petikan-petikan motif yang sudah mereka gali," jelas Miriam

Dia pun berharap agar bisa turut menginspirasi rekan-rekan sesama anak muda Papua untuk bisa ikut melestarikan budaya Papua dengan membatik.

Pada kesempatan yang lain, Sekretaris Papua Youth Creative Hub (PYCH) Provinsi Papua, Vitha Faidiban menyampaikan kehadiran gedung PYCH, mampu membantu generasi muda Papua untuk terus membuat banyak karya dan juga melakukan segala hal yang bisa mereka lakukan untuk kebaikan masyarakat Bumi Cenderawasih.

“Gedung PYCH dapat menjadi salah satu pemicu pagi para pemuda Papua untuk mampu mengeksplorasi kemampuan terbaik mereka. Tentunya, upaya BIN tersebut sangat berhasil untuk mendatangkan banyak kebermanfaatan bagi seluruh generasi muda di Papua. Maka dari itu, Anak Muda di Papua Baray menyambut dengan penuh antusiasme yang tinggi atas rencana Pemerintah untuk menggencarkan pembangunan gedung PYCH.” ujar Vita Faidiban

Apresiasi juga layak diberikan kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan yang mampu membuktikan komitmen pada pembangunan gedung PYCH.

Salah satu penanggung jawab pre-event peresmian gedung PYCH, Paulina Ruwayari juga turut menyatakan apresiasinya pada Presiden Jokowi dan Kepala BIN Jendela Pol (Purn) Budi Gunawan. Baginya, gedung itu memiliki manfaat yang sangat besar bagi anak muda Papua karena kelengkapan fasilitas luar biasa yang dimilikinya.

“Pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub merupakan arahan, gagasan dan juga dukungan langsung dari Presiden Jokowi dan Kepala BIN yang kemudian arahan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya. Hal tersebut membuktikan Pemerintah melalui BIN memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kualitas SDM Pemuda Papua”, ucap Paulina Ruwayari.

Adanya pembangunan gedung PYCH yang diinisiasi oleh BIN merupakan salah satu bentuk kontribusi dan kerja nyata dari Kepala BIN, Jen Pol (Purn) Budi Gunawan serta telah mendatangkan banyak sekali manfaat yang luar biasa bagi para pemuda di Bumi Cenderawasih lantaran mereka sudah memiliki wadah untuk terus bisa mengembangkan dan menumbuhkan minat serta bakat mereka termasuk juga potensi terbesar yang mereka miliki.

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda