PMI Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Papua Menyambut Peresmian Gedung PYCH - BERITA GORONTALO

Jumat, 17 Maret 2023

PMI Lakukan Pemberdayaan Masyarakat Papua Menyambut Peresmian Gedung PYCH

Oleh : Rebecca Marian )*

Papua Muda Inspiratif (PMI) terus melakukan pemberdayaan pada masyarakat di Papua dalam menyambut peresmian Gedung PYCH yang akan segera dilaksanakan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Segala upaya tersebut bertujuan untuk bisa membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dibangun oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan sangat megah dan juga memiliki fasilitas yang lengkap untuk bisa terus menunjang minat, bakat hingga kreativitas para generasi muda di Tanah Papua.

Gedung ini nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih tersebut.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Corneles Sagrim menyatakan bahwa gedung tersebut telah siap diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo. Kemudian pembangunan dan peresmian PYCH sendiri memang ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua.

Sebagai informasi, PMI sendiri adalah sebuah organisasi yang dibina BIN untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda di Tanah Papua. Lewat PMI, diharapkan generasi muda Papua dapat mengimplementasikan potensi dan ide kreatif mereka dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasih.

Terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Menyambut peresmian Gedung PYCH yang sebentar lagi akan dilakukan oleh Presiden Jokowi, Papua Muda Inspiratif (PMI) yang merupakan organisasi kepemudaan binaan Badan Intelijen Negara (BIN) terus aktif menjalankan banyak kegiatan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Salah satu masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di Papua, Franspouw mengungkapkan bahwa PMI merupakan wadah bagi para anak muda Papua yang langsung dibida oleh BIN dengan bertujuan untuk bisa menjadi motor penggerak kesejahteraan masyarakat Bumi Cenderawasih.

Sementara itu, Sekretaris PMI Provinsi Papua, Vitha Faidiban berharap program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga bisa dikembangkan ke masyarakat lainnya. Menurutnya banyak sekali kekayaan alam (SDA) yang ada di Tanah Papua sangatlah berpotensi dan sangat menjanjikan, sehingga program dari PMI juga akan terus dilaksanakan supaya benar-benar bisa membantu perekonomian masyarakat.

Vitha mengatakan, program pemberdayaan masyarakat ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, yang ditindaklanjuti oleh Made Kartikajaya.

Menjelang adanya peresmian Gedung PYCH, Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kepeduliannya terhadap anak-anak muda Papua. Koordinator AMMI Nurkhasanah menyatakan bahwa Presiden Jokowi sangat fokus pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) anak-anak muda. Tak terkecuali di tanah Papua.

Menurutnya, memang kepedulian yang diberikan oleh Presiden Jokowi bukan hanya sekedar hanya dalam bentuk kata-kata saja, melainkan memang terwujud dengan konkret. Dirinya kemudian berharap supaya Gedung PYCH bisa melahirkan banyak produk inovatif seperti pada start-up dan juga mampu mewadahi produk-produk UMKM dari masyarakat Papua.

Sebelum peresmian dilakukan, PMI juga banyak melakukan berbagai macam bentuk persiapan, seperti menurut Project Manager Bidang Industri Kreatif PMI, Aksamina Woisiri bahwa mereka menjelang peresmian tersebut melakukan sehala persiapan.

Beberapa persiapan dilakukan dengan cara menghiasi gedung dengan ornamen khas Papua, melakukan sejumlah kegiatan sebelum peresmian, hingga berencana memperkenalkan sejumlah aplikasi yang bermanfaat untuk masyarakat, khususnya anak muda.

Menjelang peresmian gedung PYCH, PMI akan menggelar kegiatan pra event. Kegiatan tersebut melibatkan anak muda, pelajar, dan mahasiswa, antara lain The Voice Kids yang diikuti oleh siswa-siswi SD di Papua.

Aksamina menyatakan semua bidang di PMI akan menampilkan sejumlah kreasi pada saat peresmian. PMI turut melakukan audisi dancer, marching band, paskibra hingga modelling. Sejumlah audisi telah selesai dan pada tahap pembinaan jelang peresmian.

Dirinya kemudian juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan atas pembangunan gedung PYCH yang diharapkan akan bisa digunakan dengan baik untuk terus mendorong kemajuan Tanah Papua.

Pembangunan Gedung PYCH yang dinyatakan sudah rampung tersebut, kemudian dalam waktu dekat akan segera diresmikan, yang mana gedung itu bertujuan agar bisa terus meningkatkan kualitas SDM muda Papua. Kemudian menyambut peresmian tersebut, pihak PMI juga terus melakukan pemberdayaan kepada seluruh masyarakat di Papua.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Jakarta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda