PMI dan BIN Berhasil Jalankan Berbagai Program Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Papua - BERITA GORONTALO

Jumat, 17 Maret 2023

PMI dan BIN Berhasil Jalankan Berbagai Program Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Papua

Papua memiki segudang Sumber Daya Manusia yang memiliki potensi dalam membangun kesejahteraan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemerintah berupaya dalam memeratakan pembangunan NKRI hingga ke wilayah timur Indonesia tepatnya Papua. Pemerintah akan meningkatakan pembangunan infrastruktur yang akan memabantu untuk meningkatakan kesejahteraan masyarakat Papua.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masih banyak potensi SDM berkualitas di Papua yang belum tergali dan dikembangkan. Ada banyak pemuda Papua yang memiliki potensi besar. Potensi dan bakat ini perlu diasah. Oleh karena itu, Jokowi membangun fasilitas Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang diharapkan dapat menjadi motor penggerak sekaligus pusat pengembangan SDM, khususnya talenta muda, di Papua.

Kini, Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian Gedung tersebut dilakukan melalui video converence dengan para pemuda PMI yang memaparkan hasil program yang dijalankan selama ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Kehadiran gedung tersebut diharapkan mampu untuk membantu generasi muda Papua dalam membuat karya-karya dan melakukan segala hal yang bisa dilakukan untuk kebaikan masyarakat tanah Papua. Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dibangun dengan megah, serta memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di tanah Papua.

Gedung itu nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat sebagai Pusat Kreativitas Pemuda Papua.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi gagasan besar berupa dibangunnya pusat kreativitas pemuda, Papua Muda Inspiratif (PMI) sebagai langkah dalam meningkatakan kesejahteraan masyarakat Papua. PMI adalah wadah yang di percayakan Presiden Jokowi dan di dampingi langsung Badan Intelijen Negara (BIN) mendorong semua generasi muda Papua bekerja dan menciptakan produk-produk unggulan UMKM dan teknologinya untuk di pasarkan guna memperkuat ekonomi Papua dan juga nasional.

PMI adalah rumah besar bersama semua anak muda Papua yang siap bekerjasama untuk mendorong kemajuan di masing-masing bidang yang digeluti. PMI merupakan binaan BIN yang bertugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua agar dapat mengimplementasikan ide dan gagasannya untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Para pemuda Papua yang tergabung dalam PMI ini dibina langsung oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dalam meningkatkan potensi diri agar bisa memberikan kontribusi terbaik bagi daerah Papua dan Indonesia. PMI binaan BIN ini telah banyak memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan yang ada di Papua. Berbagai program dijalankan mulai dari program dalam bidang pertanian, peternakan, Pendidikan, hingga UMKM.

Program Papua Muda Inspiratif binaan BIN juga memberikan langkah maju dalam memberdayakan potensi pertanian di tanah Papua. Program keberhasilan PMI dan BIN dalam bidang tersebut diantaranya adalah pengembangan Peternakan Ayam Petelur Kab. Jayapura, Peternakan Babi Milik Albert Burwas Kab, Manokwari Papua Barat, Bengkel Sapi PMI distrik Bomberay Kab. Fak – Fak, Pendampingan UMKM dari Sanggar dan Galeri Generasi Akhir Zaman (GAZ) Kab. Merauke, pembinaan UMKM dalam acara Peresmian Gedung PYCH di Kab Jayapura, pembinaan Industri Kreatif di Gedung PYCH Kab. Jayapura.

Salah satu peternak ayam petelur, Maria Fransisca Tambingo mengatakan pendampingan yang dilakukan BIN kepada generasi muda Papua melalui program PMI sangat bermanfaat. Sejak mulai terlibat dalam kegiatan peternakan sejak akhir tahun 2021, kini Maria mampu menghasilkan keuntungan belasan sampai puluhan juta rupiah per bulan, dari sekitar 4.000 ekor ayam petelur yang dipelihara.

Finalis Puteri Indonesia tahun 2014 itu menambahkan, Sampai saat ini ada 18 titik lokasi peternakan ayam petelur yang telah dibangun dan dibina oleh papua muda inspiratif dan Badan Intelijen Negara yang tersebar di beberapa titik di Provinsi Papua. Harapannya, produksi ayam petelur ini dapat berkembang dan terus dibina oleh PMI dan BIN agar dapat menguasai pasar telur di provinsi Papua.

selain itu, Koordinator Papua Muda Inspiratif atau PMI wilayah Fakfak, Abdul Wahab Iha mengatakan, PMI bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, dalam mendukung program nasional telah menyiapkan ternak sapi, lahan ternak dan lahan penanaman jagung.

Hingga kini, Ada kurang lebih 100 ekor sapi milik masyarakat yang akan dikelolah PMI bersama Pemerintah Daerah dalam program bengkel sapi, dan 2 ton bibit jagung yang akan ditanam dilahan seluas 40 hektar bersama PT NLS, yang berlokasi di Distrik Bomberay. Baik jagung maupun sapi.

Abdul juga menjelaskan, selain memaksimalkan populasi sapi yang dimiliki masyarakat, PMI juga berencana menambah jumlah sapi yang akan didatangkan dari luar Kabupaten Fakfak. PMI akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan pemerintah pusat, dalam bentuk skema investasi dengan mendatangkan 1.000 ekor sapi.

Selain ternak sapi dan tanam jagung, Abdul juga mengatakan bahwa PMI Kabupaten Fakfak juga memberdayakan produksi ikan kaleng. Ikan kaleng dengan brand Raja Laut, merupakan produk asli anak negeri,  yang berada dalam pergerakan Papua Muda Inspiratif yang saat ini dalam proses ijin edar oleh BPOM. Produk ini merupakan program CSR BP Tangguh kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak.

Papua Muda Inspiratif (PMI) sebagai Pusat kreativitas pemuda Papua ini akan menandai pentingnya lompatan-lompatan besar anak-anak muda Indonesia, khususnya anak-anak muda Papua, dalam rangka berkompetisi di dunia global. Program-program yang dihasilkan oleh PMI juga bertujuan untuk menjadikan anak-anak muda Papua dapat bersaing pada tingkat global.

PMI melalui Papua Youth Creative Hub, pemerintah berharap, anak muda setempat dapat berkontribusi dalam menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan. Presiden Joko Widodo meyakini, masa depan Papua yang dapat memengaruhi masa depan Indonesia ada di genggaman Papua Youth Creative Hub.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda