Papua Youth Creative Hub Motor Pengembangan SDM Muda Papua - BERITA GORONTALO

Senin, 20 Maret 2023

Papua Youth Creative Hub Motor Pengembangan SDM Muda Papua

Papua – Peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) disambut antusias oleh masyarakat Bumi Cendrawasih. Gedung tersebut akan dimanfaatkan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda Papua.

Tokoh Muda di Provinsi Papua Barat, Simon Tabuni menerangkan, gedung PYCH dimanfaatkan untuk mengembangkan diri, minat dan bakat, sehingga generasi muda Papua dapat berkontribusi memajukan daerah.

Milenial Papua juga berterima kasih kepada Presiden RI dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), atas semua dukungan yang diberikan kepada masyarakat Papua, khususnya anak muda lewat pembangunan gedung PYCH.

Pembangunan gedung PYCH merupakan arahan, gagasan dan dukungan dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn), Budi Gunawan, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya.

Pihaknya berkomitmen menjadi motor pengembangan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) asli Papua dari berbagai sektor seperti kopi, sagu, kerajinan, dan lain sebagainya.

Senada, Koordinator Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI), Nurkhasanah juga menilai bahwa kehadiran gedung PYCH membantu generasi muda Papua dalam membuat karya-karya berkualitas dan melakukan segala hal untuk kemanfaatan masyarakat Tanah Papua.

“Kami memandang hal itu merupakan sebuah kemajuan yang luar biasa karena fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh anak muda untuk mengembangkan diri dan menjadi motor pengembangan SDM di Papua,” tutur Nurkhasanah.

Lebih lanjut, Nurkhasanah juga menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang menaruh perhatian serius dalam pembangunan SDM Papua.

Sebagai informasi, lewat keberadaan PYCH, diharapkan generasi muda Papua dapat mengimplementasikan potensi dan ide kreatif mereka dalam rangka mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasih.

Gedung PYCH ini memiliki gedung utama yang terdiri dari dua lantai, dan dua gedung asrama. Di gedung ini ada ruangan untuk produk UMKM, cafetaria, ruang pelatihan-pelatihan, ruang pemasaran, ruang podcast, ruang fotografi, ruang serbaguna hingga ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space.

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda