Papua Youth Creative Hub Bentuk Komitmen Negara Majukan Papua - BERITA GORONTALO

Minggu, 19 Maret 2023

Papua Youth Creative Hub Bentuk Komitmen Negara Majukan Papua

Papua - Kepedulian terhadap peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Papua yang diberikan oleh Pemerintah tidak main-main. Hal itu tercermin pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam mendukung peran generasi muda untuk mengelola potensi ekonomi Papua.

Melalui kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, pembangunan PYCH pada sejumlah lokasi di wilayah Papua berhasil diwujudkan. Sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat menghibahkan lahan seluas 2 hektar kepada BIN untuk dibuatkan gedung PYCH di Manokwari.

Menurut Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo, lahan yang dihibahkan tersebut berlokasi di Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, atau tepatnya di bekas Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Distrik Manokwari Selatan.

“Hibah tanah untuk kegiatan Papua Muda Inspiratif (PMI) adalah hal yang dapat mewadahi ide dan kreatifitas pemuda pemudi Papua demi kemajuan tanah Papua itu sendiri,” ujar Edi.

Pengurus PMI, Kevin Baldwin Aburyaan berpendapat ada banyak pemuda Papua yang memiliki bakat dan potensi besar yang perlu diasah. Oleh sebab itu, pembangunan PYCH ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak sekaligus pusat pengembangan SDM, khususnya talenta muda di Papua.  

“Pembangunan PYCH merupakan pusat pengembangan talenta muda yang diproyeksikan dapat menjadi wadah untuk menghimpun SDM muda berprestasi Papua dari berbagai disiplin ilmu. Melalui PYCH, diharapkan anak muda dapat berkontribusi dalam menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan,” kata Kevin.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua, Direktorat Jenderal  Cipta Karya mendukung pembangunan infrastruktur Papua Youth Creative Hub yang berada di Jalan Poros Abepura. Dibangun di atas lahan seluas 15.000 m2, PYCH memiliki luas bangunan utama sebesar 3.520 m2 dan bangunan penunjang 1.812 m2.

Pembangunan gedung PYCH yang diinisiasi oleh PMI dengan dukungan dari BIN kini diharapkan menjadi pusat pengembangan diri talenta dan kreativitas para anak muda di Papua. Diharapkan pula kreativitas yang selama ini sudah dimiliki teman-teman muda Papua bisa muncul di panggung nasional dan internasional.

Dengan dibangunnya gedung PYCH, diharapkan akan terwujud kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

PYCH diyakini akan dapat menjadi motor penggerak dan berfungsi sebagai pusat pengembangan talenta-talenta muda di Papua. Selain itu, PYCH dapat berperan sebagai pusat kreativitas bagi generasi muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi yang baik.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda