Papua Muda Inspiratif Memupuk Semangat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda Papua - BERITA GORONTALO

Sabtu, 18 Maret 2023

Papua Muda Inspiratif Memupuk Semangat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda Papua

Papua – Papua Muda Inspiratif (PMI) telah menjadi pusat perhatian di kalangan pemuda Papua karena perannya dalam membantu mereka memupuk semangat kewirausahaan. Baru-baru ini, sebuah gedung megah telah selesai dibangun yang terletak di Kota Jayapura, Bernama Papua Youth Creative Hub (PYCH). Gedung ini menyediakan fasilitas dan pelatihan yang diperlukan bagi pemuda Papua untuk mengembangkan ide-ide mereka menjadi bisnis yang sukses.

Di sisi lain, PMI telah mengukir keberhasilan dalam panen 161 ton jagung di lahan yang mempunyai luas 7,5 hektare di Jayapura. Koordinator PMI Jayapura Daud Edison Yarisetouw mengatakan, budi daya tanaman jagung menjadi salah satu program yang digencarkan PYCH sebagai salah satu upaya menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan ketahanan pangan Papua.

“Salah satu lokasi panen di kawasan Kampung Kwadeware dan Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Jayapura, Papua. Panen dilakukan pada lahan 7,5 hektare dengan hasil sekitar 16,1 ton. Diperkirakan panen berikutnya pada Mei 2023. Total lahan yang tersedia di Distrik Waibu seluas 83,64 hektare,” ujar Daud.

Daud mengungkapkan hasil panen akan dibeli oleh perusahaan untuk dijadikan pakan ayam. Produk pakan ayam nanti akan dikemas dengan label PYCH. Perusahaan pembeli jagung merupakan usaha milik anggota PMI, yang di dalamnya telah memberdayakan banyak masyarakat.

“Ada 105 orang yang terbagi dalam tujuh kelompok dalam pengelolaan jagung. Hasil penjualan panen itu akan dinikmati oleh mereka,” jelas Daud.

Papua Muda Inspiratif merupakan komunitas binaan Badan Intelijen Negara (BIN) yang juga mengembangkan program Papua Youth Creative Hub (PYCH).

Sebagai pusat inovasi dan kreativitas, PYCH memiliki misi untuk menginspirasi dan memberdayakan generasi muda Papua untuk menjadi pengusaha dan pencipta lapangan kerja di masa depan. Di sini, para pemuda dapat belajar tentang pengembangan bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, dan teknologi informasi.

Dalam upayanya untuk memupuk semangat kewirausahaan, PYCH bekerja sama dengan berbagai mitra industri dan organisasi nirlaba. Program-program pelatihan dan pengembangan bisnis yang diselenggarakan oleh PYCH telah membantu banyak pemuda Papua dalam menciptakan lapangan kerja bagi diri mereka sendiri serta memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal.

Dengan semangat kewirausahaan yang semakin berkembang di kalangan pemuda Papua, diharapkan Papua Youth Creative Hub dapat menjadi katalisator untuk pertumbuhan ekonomi kreatif di Papua dan membantu mengatasi masalah pengangguran di daerah tersebut.

***

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda