Mengapresiasi Peresmian PYCH oleh Presiden Jokowi - BERITA GORONTALO

Senin, 20 Maret 2023

Mengapresiasi Peresmian PYCH oleh Presiden Jokowi

Oleh : Timotius Gobay )*

Apresiasi besar patut diberikan kepada upaya pemerintah untuk melakukan pemerataan pembangunan dan pengembangan SDM hingga kesejahteraan ekonomi masyarakat di Papua, utamanya melalui peresmian gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang dilaksanakan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pembangunan Gedung PYCH memang memiliki tujuan utama untuk bisa terus meningkatkan pengembangan banyak potensi yang dimiliki oleh para generasi muda di Tanah Papua, yang mana nantinya akan berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Lantaran memang memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kebangkitan masyarakat Papua, Aliansi Mahasiswa Milenial Indonesia (AMMI) memberikan apresiasi yang begitu tinggi kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mengenai kepedulian yang dimilikinya terhadap generasi muda di Bumi Cenderawasih.

Koordinator AMMI Nurkhasanah menyatakan, Presiden Jokowi sangat fokus pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) anak-anak muda. Tak terkecuali di tanah Papua. menurutnya kepedulian yang dimiliki oleh Presiden Jokowi bukan hanya sekedar pada ucapan saja, melainkan benar-benar diwujudkan dalam bentuk yang konkret dan kerja nyata.

Nurkhasanah menilai pembangunan Indonesia saat ini berorientasi pada pemerataan ekonomi nasional. Tak hanya di Pulau Jawa, tapi juga di pulau-pulau yang sebelumnya tidak diperhatikan. Tentunya gaya kepemimpinan Presiden Jokowi tersebut baginya dinilai sangat berbeda dengan pemerintah sebelumnya, yakni kini mampu memberikan wadah bagi komunitas pemuda kreatif.

Menurut Nurkhanah gedung PYCH juga ada ruang untuk produk UMKM, ada juga PYCH cafe, ruang pelatihan-pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space. Fasilitas yang terdapat dalam gedung PYCH tersebut memang sangat lengkap.

Pembangunan gedung PYCH tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah RI untuk terus mendukung peranan dari generasi muda dalam melakukan pengelolaan atas segala potensi yang dimiliki oleh Papua. Selanjutnya pemerintah pusat mendukung pembangunan pusat kreativitas untuk memberikan porsi ruang yang lebih bagi pemuda-pemudi Papua dan Papua Barat dalam pengembangan teknologi, inovasi maupun produk-produk lokal Papua.

Terkait dengan penyelenggaraan acara tersebut, Pemuda Papua yang juga merupakan CEO aplikasi “Bajalan”, Aksamina Woisri menyatakan bahwa para peserta bahkan dilatih oleh fotografer profesional. Kegiatan pengembangan SDM tersebut merupakan pemberian materi beserta praktek secara langsung yang bertujuan memberikan ilmu baru tentang foto studio.

Perlu diketahui bahwa pembangunan gedung PYCH di Papua merupakan arahan, gagasan dan dukungan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya.

Sementara itu, pemuda Papua asal Manokwari, Simon Tabuni mengatakan bahwa gedung PYCH akan menjadi wadah bagi anak muda untuk mengembangkan diri, minat dan bakat sehingga bisa ikut memajukan Tanah Papua. Pemuda Papua berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan, atas rencana pembangunan gedung PYCH tersebut.

Peresmian Gedung PYCH yang dipimpin oleh Presiden Jokowi tersebut, memang patut diberikan apresiasi yang sangat tinggi. Bukan tanpa alasan, pasalnya dengan peresmian gedung PYCH yang dilakukan, maka secara otomatis pengembangan seluruh potensi generasi muda Papua akan semakin bisa terealisasi, bukan hanya itu, namun mereka juga akan berkontribusi untuk turut mensejahterakan perekonomian masyarakat Bumi Cenderawasih.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Jakarta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda