Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Menjadi Syarat Pembangunan IKN - BERITA GORONTALO

Rabu, 01 Maret 2023

Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Menjadi Syarat Pembangunan IKN

Oleh : Gema Iva Kirana )*

Keamanan dan ketertiban (kamtibmas) menjadi salah satu syarat sangat penting untuk kelancaran pembangunan nasional, termasuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Karena seluruhnya akan berjalan sesuai rencana apabila mendapatkan dukungan penuh dari publik.

Pembangunan wilayah IKN Nusantara memang digadang mampu menjadi motor bagi penggerak percepatan pembangunan ekonomi bahwa hingga di semua sektor termasuk juga pada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) milik masyarakat Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa peningkatan ekonomi memang menjadi salah satu tujuan utama yang akan terus dikejar di wilayah Nusantara tersebut. Terkait hal itu, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono menegaskan bahwa pemerataan ekonomi menjadi satu alasan pasti mengapa pada akhirnya pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota dari yang sebelumnya di DKI Jakarta menuju ke Kalimantan Timur.

Dirinya juga menambahkan bahkan sejak pada pembangunan tahap awal saja, memang sudah ada beberapa dampak positif yang terus dirasakan oleh para pedagang di sekitaran wilayah proyek pembangunan IKN Nusantara. Tentunya dengan adanya peningkatan di semua sektor, utamanya adalah ekonomi merupakan hal yang sangat diinginkan oleh Pemerintah Republik Indonesia (RI).

Bambang Susantono juga memastikan bahwa pembangunan IKN Nusantara akan terus berjalan dengan baik sesuai dengan rencana sehingga dampaknya nanti, khususnya pada perekonomian akan semakin terasa dan semakin membesar. Bahkan, tidak hanya untuk masyarakat di sekitaran Nusantara saja, melainkan juga di Kalimantan dan Indonesia secara keseluruhan.

Hal tersebut menurutnya sudah sangat selaras dengan tujuan adanya IKN Nusantara yakni untuk bisa menciptakan adanya pemerataan ekonomi dan juga sekaligus menjadikan Indonesia bisa masuk ke dalam negara yang memiliki pendapatan tinggi (high income countries).

Namun tentunya, untuk bisa mencapai pada tujuan tersebut tentu tidak hanya bisa apabila diupayakan oleh beberapa pihak saja, bahkan mungkin apabila hanya diupayakan oleh pemerintah saja. Maka ari itu, justru menjadi sangat penting adanya peran serta masyarakat yang secara aktif dalam dukungan mereka mengenai pembangunan IKN Nusantara.

Salah satu upaya untuk bisa terus mengajak masyarakat dalam mendukung proyek IKN Nusantara telah dilakukan oleh Polda Kaltim, yang mana mereka bukan hanya sekeda menampung informasi, kritik, saran dan juga komentar dari masyarakat mengenai keamanan dan ketertiban saja, melainkan juga ada pembahasan mengenai perekonomian di masyarakat serta bagaimana upaya untuk membantu para pelaku usaha agar bisa meningkatkan daya saing mereka.

Terkait hal itu, Kapolres Penajam Paser Utara (PPU), AKBP Hendrik Eka Bahalwan menyampaikan bahwa di wilayah tersebut akan segera menjadi Ibu Kota Nusantara. Maka dari itu dirinya berharap supaya pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 ini menjadi jauh lebih baik lagi serta menekankan bagaimana pentingnya pembahasan mengenai stabilitas politik dan juga keamanan.

Berbagai cara juga terus dilakukan untuk bisa terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya terus menjaga stabilitas melalui terjaminnya keamanan dan ketertiban dalam bermasyarakat. Bahkan bukan hanya berkaitan dengan instrumen politik saja, namun Kapolres PPU menyatakan bahwa pihaknya sekarang juga turut menggerakkan para pelaku UMKM dan melayih masyarakat dengan konsep sama rasa, dan dengan konsep itu maka pembangunan IKN menjadi jauh lebih optimal lagi dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi menjelaskan bahwa yang terpenting adalah dengan keberadaan IKN diharapkan memang akan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, khususnya mereka bagi daerah penyangga IKN. Maka dari itu, menurutnya pembangunan IKN Nusantara harus terkoordinasi dengan baik.

Koordinasi yang dimaksud oleh Wagub Kaltim itu bukan hanya mengenai antara pemerintah pusat, otorita, provinsi dan kabupaten kota saja, melainkan juga harus ada pula koordinasi yang terjalin dengan baik kepada masyarakat setempat. Karena dengan adanya koordinasi baik yang terjalin, maka pembangunan akan bisa dimaksimalkan dengan tenaga kerja lokal serta memberi manfaat bagi masyarakat lokal.

Di sisi lain, Ketua Harian Kompolnas, Benny Jozua Mamoto telah banyak mendegar masukan dari masyarakat dan juga para tokoh masyarakat setempat termasuk telah banyak menggali informasi. Kemudian seluruhnya didiskusikan, utamanya adalah mengenai bagaimana situasi kamtibmas dalam mendukung pambangunan IKN Nusantara.

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu persyaratan dalam pembangunan nasional agar bisa berjalan dengan sangat lancar, yakni di dalamnya sangat penting dukungan penuh dari seluruh masyarakatnya. Terlebih dalam menciptakan kondisi yang kondusif, penuh akan jaminan adanya keamanan dan ketertiban. Karena jika seluruhnya mampu dikondisikan, maka pembangunan akan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda