Gedung Papua Youth Creative Hub Siap Diresmikan Presiden Jokowi - BERITA GORONTALO

Kamis, 16 Maret 2023

Gedung Papua Youth Creative Hub Siap Diresmikan Presiden Jokowi

Oleh : Rahmat Hidayat )*

Pemerintah terus berkomitmen untuk memajukan Papua, salah satunya dengan membangun Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH). Keberadaan Gedung PYCH yang siap diresmikan Presiden Jokowi tersebut diharapkan dapat mengembangkan banyak talenta muda Papua.

Gedung PYCH akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Gedung ini berlokasi di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Gedung tersebut dibangun dengan megah dan memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang bakat dan kreativitas anak-anak muda di tanah Papua.

Di gedung PYCH inilah nanti Papua Muda Inspiratif (PMI) akan menjalankan berbagai program untuk ikut menyejahterakan masyarakat di tanah Papua. PMI akan berkolaborasi dengan berbagai pihak, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM anak-anak muda di tanah Papua.

Pemerintah mendukung penuh program PMI dan menyediakan sebagian dana APBN untuk memastikan program berjalan lancar. Dengan dukungan pemerintah, diharapkan PMI semakin lancar dan banyak pengusaha muda yang lulus setiap tahunnya. Mereka tidak hanya memahami cara berbisnis dan menggunakan teknologi, tetapi juga cara berkomunikasi dengan pelanggan di seluruh dunia.

Gedung PYCH ini sebagai upaya untuk memfasilitasi pemuda di Papua untuk memajukan masyarakat yang ada di tanah Papua. Gedung ini akan digunakan dan dimanfaatkan oleh PMI untuk menjalankan sejumlah kegiatan dalam upaya turut mensejahterakan masyarakat di Papua. Kehadiran gedung ini diharapkan mampu untuk membantu generasi muda Papua dalam membuat karya-karya dan melakukan berbagai hal yang dapat mensejahterakan masyarakat Papua.

Pembangunan Gedung PYCH yang digagas oleh Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo ini akan menjadi wadah pengembangan diri bagi anak muda di seluruh Papua. Di dalamnya, akan ada berbagai pelatihan untuk bisa memfasilitasi talenta-talenta muda Papua. Presiden Joko Widodo mengharapkan keberadaan Gedung PYCH yang dicetuskan dalam pertemuan dengan para generasi muda Papua pada September 2019 silam ini nantinya dapat menjadi pusat pengembangan talenta-talenta pemuda di Papua.

Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan menjelaskan bahwa Gedung PYCH dibangun dengan memiliki dua lantai. Lantai I antara lain diperuntukkan bagi lobi, coffee shop papua blend, coworking space, perpustakaan, galeri, minimarket, UMKM store, ruang training, dan ruang ibadah. Sedangkan lantai II akan digunakan untuk convention hall, kantor sekretariat, ruang seni, musik, dan hiburan, ruang bahasa, ruang coding dan programming, hingga ruang kewirausahaan dan ruang konseling di bidang kesehatan.

Gedung PYCH ini memiliki fasilitas untuk mendukung pengembangan anak-anak muda di Tanah Papua dalam berbagai bidang, di antaranya bidang culinary, hospitality, riset, teknologi, kewirausahaan, industri kreatif, digital, pendidikan dan literasi, kesehatan, kecantikan, budaya hingga bahasa.

Selain itu di gedung PYCH terdapat ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi hingga perpustakaan. Di dalam gedung terdapat ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas lebih dari 300 orang itu juga bisa digunakan untuk kegiatan pertunjukan, keagamaan dan lain sebagainya. Selain itu, Gedung PYCH juga akan dilengkapi dengan internet berkecepatan 100 Mbps, CCTV hingga ruang kontrol.

Gedung yang mengadopsi konsep green building yang memanfaatkan energi alam seperti pencahayaan dan angin itu dilengkapi juga dengan sistem alarm kebakaran yang terpusat di ruang kontrol, tersambung dengan semua pengeras suara yang ada di dalam maupun luar gedung. Selain di dalam gedung dengan fasilitas yang sangat memanjakan karena kelengkapannya, ternyata disamping gedung utama ada lapangan futsal maupun basket. Sehingga anak-anak muda di Papua dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menyalurkan minatnya di bidang olahraga.

Pada September 2022, para pemuda yang tergabung dalam PMI, binaan BIN, berhasil melibatkan masyarakat dalam pengembangan ladang jagung di Desa Sitori, Kecamatan Kebar Timur, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat. Dalam kegiatan ini setidaknya ada 120 orang yang berasal dari berbagai suku di Papua Barat. Program pengembangan lahan jagung ini di inisiasi oleh Kepala BIN Budi Gunawan yang didukung langsung oleh Presiden Joko Widodo.

PMI menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan atas pembangunan gedung PYCH tersebut. PMI menyatakan pembangunan gedung ini merupakan satu dari sekian banyak fasilitas yang diberikan kepada anak-anak muda dan masyarakat di Papua.

Keberadaan PYCH yang digagas PMI dibawah binaan BIN merupakan sebuah terobosan untuk memajukan Papua. Dengan adanya fasilitas tersebut, maka diharapkan banyak mencetak talenta muda Papua yang terus berkomitmen untuk memajukan Papua dan Indonesia.

)* Penulis adalah pengamat Ekonomi Kemasyarakatan

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda