Dukung Kemajuan Papua, Generasi Muda Sambut Sukacita Peresmian PYCH - BERITA GORONTALO

Rabu, 08 Maret 2023

Dukung Kemajuan Papua, Generasi Muda Sambut Sukacita Peresmian PYCH

Oleh : Rebecca Marian )*

Pemuda Papua yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) mendukung penuh upaya untuk membantu meningkatkan kualitas SDM muda Papua. Mereka memberikan apresiasi tinggi akan rencana peresmian gedung PYCH yang memang akan mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dibangun dengan sangat megah. Bukan hanya terkait dengan kemegahannya, namun di dalamnya juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk menunjang minat, bakat dan juga kreativitas dari para anak muda di Tanah Papua.

Sebagai informasi, pembangunan gedung PYCH tersebut, nantinya akan digunakan dan juga dimanfaatkan oleh pihak Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam menjalankan program kerja mereka, yang mana tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua dan juga Papua Barat.

Tidak hanya sendirian, namun pihak PMI nantinya juga akan berkolaborasi, melakukan pengembangan diri dan juga terus menjadi motor pengembangan bagi SDM muda di Bumi Cendrawasih.

Atas pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), PMI menyampaikan banyak rasa terima kasih yang ditujukan secara khusus kepada Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dan kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan atas dukungan pemerintah terhadap pembangunan itu.

Sekretaris PMI Provinsi Papua, Vitha Faidiban mengucapkan bahwa gedung tersebut memang sangatlah luar biasa dan mampu membantu para anak muda Papua untuk terus berkreasi dan berinovasi. Tentunya dengan kehadiran gedung itu, membantu para generasi muda Papua dalam membuat banyak karya dan melakukan segala hal yang bisa mereka lakukan untuk kebaikan seluruh masyarakat di Tanah Papua.

Perlu diketahui bahwa dalam pembangunan gedung PYCH tersebut, di dalamnya terdapat banyak fasilitas seperti ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, riang yang bisa digunakan untuk co-working space, euang pembelajaran teknologi hingga ada pula perpustakaan.

Bukan hanya itu, namun di dalamnya juga terdapat ruangan berbentuk tribun yang memiliki kapasitas hingga lebih dari 300 orang, yang bisa digunakan untuk kegiatan pertunjukan, keagamaan dan lain sebagainya. Gedung PYCH juga dilengkapi dengan internet yang memiliki kecepatan hingga 100 Mbps, CCTV hingga ruang kontrol.

Terkait dengan bagaimana pemerintah telah sangat peduli akan para generasi muda di Papua, Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Presiden Jokowi. Koordinator AMMI, Nurkhasanah menyatakan bahwa memang Kepala Negara sangat fokus untuk pengembangan kualitas SDM anak-anak muda, tidak terkecuali di Tanah Papua juga. Bahkan, menurutnya bentuk kepedulian yang dimiliki oleh Pemerintah RI, yang mana ditunjukkan secara langsung oleh Presiden Jokowi dan Kepala Bin, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan dalam mendukung dan membangun Gedung PYCH merupakan sebuah wujud yang konkret.

Dirinya kemudian berharap supaya Gedung Papua Youth Creative Hub akan mampu melahirkan produk inovatif seperti start-up yang dapat mewadahi banyak produk UMKM dari masyarakat di Papua. Tidak bisa dipungkiri pula, bahwa dia menilai memang pembangunan di Indonesia semenjak era kepemimpinan Presiden Jokowi saat ini berorientasi pada pemerataan ekonomi nasional. Sehingga yang terjadi di lapangan aadalah bukan hanya sekedar pembangunan yang berpusat pada Pulau Jawa saja atau Jawasentris, namun juga pembangunan benar-benar dilakukan secara merata di berbagai pulau yang mungkin sebelumnya jarang diperhatikan.

Senada, penanggung jawab lomba tari Yospan, Paulina Ruwayari, juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN atas dukungan dalam pembangunan gedung PYCH dan semua program yang dirasakan oleh anak muda Papua. Dia mengajak anak muda Papua untuk memanfaatkan gedung megah dengan fasilitas lengkap ini untuk mengembangkan diri mereka.

Di sisi lain, anak muda Papua juga menyambut dengan sangat baik dan penuh dengan antusiasme menjelang peresmian Gedung PYCH oleh Presiden Jokowi di Jayapura dalam waktu dekat. Paulina Ruwayari selaku penanggung jawab salah satu acara pre-event mengaku bahwa dirinya sangat senang dan semangat.

Paulina juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kepala BIN atas dukungan dalam pembangunan Gedung PYCH, serta semua program yang telah dijalankan dan telah membawakan dampak dan dirasakan oleh para anak muda Papua. Lebih lanjut, dirinya juga mengajak kepada para generasi muda Papua untuk memanfaatkan gedung tersebut dalam melakukan pengembangan diri.

Lantaran Gedung PYCH yang memang akan dimanfaatkan oleh PMI yang merupakan sebuah organisasi binaan BIN, memiliki tugas untuk membawa semangat baru bagi anak muda di Tanah Papua. Melalui organisasi tersebut diharapkan generasi muda Bumi Cenderawasih dapat mengimplementasikan potensi hingga ide kreatif mereka dalam rangka turut serta dalam mempercepat kesejahteraan masyarakat.

Memiliki banyak sekali manfaat, terlebih memang untuk peningkatan kualitas SDM muda di Tanah Papua hingga akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat, rencana peresmian Gedung PYCH di Jayapura disambut dengan sangat banyak dan banjir apresiasi, termasuk dari Papua Muda Inspiratif.

)* Penulis adalah Mahasiswa Papua tinggal di Jakarta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda