Diresmikan Presiden Jokowi, PYCH Mampu Kembangkan SDM Papua - BERITA GORONTALO

Selasa, 21 Maret 2023

Diresmikan Presiden Jokowi, PYCH Mampu Kembangkan SDM Papua

Oleh: Jim Peterson *)

Pemuda Papua mendukung penuh upaya untuk membantu meningkatkan kualitas SDM muda Papua. Mereka memberikan apresiasi tinggi karena pemerintah telah meresmikan gedung PYCH yang akan mampu meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat. Gedung PYCH dibangun dengan sangat megah. Bukan hanya terkait dengan kemegahannya, namun di dalamnya juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk menunjang minat, bakat dan juga kreativitas dari para anak muda di Tanah Papua.

Gedung PYCH direncanakan akan ada di 7 wilayah adat di Provinsi Papua dan Papua Barat, serta satu di Provinsi Maluku. Saat ini telah dibangun Gedung PYCH di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dan telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Maret 2023. Fasilitas yang tersedia yaitu lantai I yang diperuntukkan bagi lobi, coffee shop papua blend, coworking space, perpustakaan, galeri, minimarket, UMKM store, ruang training, dan ruang ibadah.

Sedangkan lantai II akan digunakan untuk convention hall, kantor sekretariat, ruang seni, musik, dan hiburan, ruang bahasa, ruang coding dan programming, hingga ruang kewirausahaan dan ruang konseling di bidang kesehatan.

Pembangunan yang digagas Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo ini akan menjadi wadah pengembangan diri bagi anak muda di seluruh Papua. Di dalamnya, akan ada berbagai pelatihan untuk bisa memfasilitasi talenta muda Papua.

Dalam acara peresmian Gedung PYCH, Presiden Joko Widodo mengharapkan keberadaan Gedung PYCH yang dicetuskan dalam pertemuan dengan para generasi muda Papua pada September 2019 silam ini dapat menjadi pusat anak anak muda berkreatifitas dan berinovasi. Menurut Jokowi, Papua memiliki peluang yang sangat besar, sehingga dapat memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Papua.

Di gedung PYCH inilah nanti milenial Papua menjalankan berbagai program untuk ikut menyejahterakan masyarakat Papua. Mereka akan berkolaborasi dengan berbagai pihak, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM anak-anak muda di Bumi Cendrawasih. Pembangunan gedung ini merupakan satu dari sekian banyak fasilitas yang diberikan kepada anak muda Papua dan masyarakat Papua oleh Presiden Jokowi dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Kepala BIN, Jenderal Polisi (Purn). Budi Gunawan mengatakan bahwa peresmian PYCH merupakan bentuk komitmen Presiden membangun pusat talenta Papua sebagai motor Penggerak Ekonomi dan Kesejahteraan Papua.

Menurut Kepala BIN, berawal Dari 23 orang pemuda pemudi Papua bertemu Presiden Jokowi dan sekarang anggotanya sudah lebih dari 12 ribu orang yang bergerak diberbagai bidang termasuk pertanian, peternakan, industri kreatif, dll.

Melalui Gedung PYCH yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Para pemuda binaan Badan Intelijen Negara akan menjalankan berbagai program yang akan menunjang minat dan bakat bagi anak-anak muda untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Kepala BIN juga menambahkan bahwa PYCH akan menciptaan banyak lapangan pekerjaan, dan untuk melindungi karya anak muda Papua, seperti mesin sagu, mesin giling, mesin pres, laptop dan smart phone, telah di buatkan hak cipta.

PYCH yang secara khusus dibimbing oleh Deputi IV bidang Ekonomi BIN ini telah memberikan manfaat kepada masyarakat Papua. Salah satunya dalam bidang pertanian. Berkat pembinaan dan pelatihan, para Petani bisa panen jagung di lahan seluas 10 hektar di Kampung Yakasib, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Setiap hektarnya, jagung yang dipanen mencapai Delapan sampai 10 ton jagung. Deputi IV Ekonomi BIN Made Kartikajaya juga turut dalam memanen jagung tersebut.

Sebelumnya, Penanaman pertanian ini sebagai upaya memberdayakan masyarakat agar produktif dan kesejahteraannya meningkat. Program ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, dan ditindaklanjuti oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya.

Selain jagung, juga dilakukan pengembangan pabrik produksi pakan ayam petelur. Saat ini, kapasitas produksi pakan pabrik sekitar 7 ton perhari dengan nilai jual sekitar Rp 7.900 per kilogram.

Tokoh muda Papua, Septinus George Saa mengungkapkan bahwa PYCH yang juga dibina secara khusus oleh Deputi IV bidang Ekonomi BIN adalah rumah besar bersama semua anak muda Papua yang siap bekerjasama untuk mendorong kemajuan di masing-masing bidang yang digeluti.

Oleh karena itu George juga mendorong agar PYCH membuka akses yang lebih luas sehingga lebih banyak lagi anak muda Papua dapat bergabung. Ia juga mendorong PYCH menjadi organisasi transparan dalam mengelola dana kemitraan yang di berikan oleh lintas kementerian maupun pemerintah pusat dan daerah.

Aksamina salah satu anggota yang tergabung dalam PYCH mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan juga kepada Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan atas pembangunan Gedung PYCH tersebut. Aksamina menuturkan bahwa semoga gedung itu dapat digunakan dengan baik untuk benar-benar mendorong kemajuan di Tanah Papua.

Bahkan Presiden Joko Widodo mengatakan, masih banyak potensi yang ada di tanah Papua yang belum tergali. Oleh karena itu pembangunan Gedung PYCH ini diharapkan dapat digunakan sebagai pusat pengembangan kreatifitas serta minat dan bakat bagi anak-anak muda Papua yang kemudian dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan di bumi cendrawasih tersebut.

*) Pemerhati Isu papua

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda