Dijadwalkan Resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub, Presiden Jokowi Dukung Munculnya Unicorn Baru - BERITA GORONTALO

Minggu, 19 Maret 2023

Dijadwalkan Resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub, Presiden Jokowi Dukung Munculnya Unicorn Baru

Jayapura – Presiden Joko Widodo akan meresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) pada besok, Selasa (21/3/2023). Gedung tersebut dibangun berkat inisiasi oleh kelompok pemuda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

Dalam peresmian besok, PMI akan melakukan Panen Jagung di Kampung Sitori Kab. Tambrauw Papua Barat Daya (ada beberapa daerah lainnya). Selain itu, PMI juga melakukan pembinaan UMKM dan industri kreatif di Gedung PYCH.

Sebelum peresmian, Deputi IV Ekonomi BIN Made Kartikajaya telah melakukan peninjauan terhadap kesiapan rencana peresmian Gedung PYCH di Kab. Jayapura.

Made Kartikajaya dan PMI melakukan pengecekan ruangan dan lapangan satu persatu, untuk memastikan seluruh persiapan jelang peresmian diselesaikan dengan sempurna.

Gedung PYCH yang dibangun megah, mewah dan bernuansa adat ini, nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan PMI dalam menjalankan program kerjanya. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Tanah Papua.

PMI sendiri adalah gerakan pemuda yang mewadahi kreativitas anak muda Papua kreatif dan inovatif untuk mendukung kesejahteraan di Papua. Papua Muda Inspiratif merupakan sebuah organisasi binaan BIN yang memiliki tugas membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua.

Presiden Jokowi mengatakan, pusat kreativitas pemuda Papua ini akan menandai pentingnya lompatan-lompatan besar bagi anak-anak muda Indonesia, khususnya anak-anak muda di Papua, dalam rangka berkompetisi di dunia global.

“Saya menyambut baik, yang pintar-pintar, yang kreatif, yang inovatif itu dikumpulkan dalam sebuah wadah besar yang namanya Papua Muda Inspiratif. Ini betul-betul nanti memberikan dampak yang besar pada Tanah Papua,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden juga berharap dengan adanya gerakan Papua Muda Inspiratif ini akan muncul unicorn dan decacorn baru dari wilayah Indonesia bagian timur, khususnya dari Papua.

“Kita harapkan muncul unicorn-unicorn baru dari Indonesia bagian timur, khususnya Tanah Papua. Akan muncul decacorn-decacorn dari sini, sehingga betul-betul kemajuan anak-anak muda yang ada di Tanah Papua betul-betul terwadahi di dalam creative hub yang segera kita bangun ini,” harap Presiden Jokowi.

Hingga saat ini, melalui program PMI bersama BIN telah mengembangkan berbagai UMKM untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. PMI bersama BIN terus melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM untuk talenta muda Papua.

Beberapa program PMI bersama BIN yang sudah terealisasi mencakup bidang pertanian, peternakan, kesenian, pengembangan UMKM, bahkan pendidikan.

Vitha Faidiban, Sekretaris Papua Muda Inspiratif Provinsi Papua mewakili Papua Muda Inspiratif menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada Presiden Republik Indonesia, Jokowi dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan karena sudah mendukung pembangunan Gedung PYCH.

"Saya mewakili PMI mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan. Ini gedung sangat luar biasa dan membantu kami anak muda Papua untuk berkreasi, berinovasi, membuat karya-karya dan melakukan segala hal yang bisa kita lakukan untuk kebaikan masyarakat Tanah Papua," ujar Vitha.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda