BIN Sediakan Wadah Pengembangan SDM Muda Papua Melalui PYCH - BERITA GORONTALO

Senin, 20 Maret 2023

BIN Sediakan Wadah Pengembangan SDM Muda Papua Melalui PYCH

Oleh : Rebecca Marian )*

BIN telah menyediakan wadah bagi berkembangnya sumber daya manusia (SDM) bagi para pemuda di Tanah Papua, yakni dengan adanya dukungan untuk membangun Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), yang mana nantinya juga akan berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sejauh ini, seolah-olah memang masih terdapat sebuah stigma yang cukup negatif mengenai bagaimana pembangunan di Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut terjadi lantaran memang Pemerintah Republik Indonesia (RI) sebelum era kepemimpinan Presiden Joko Widodo masih saja terlalu berfokus untuk melakukan pengembangan dan pembangunan di Pulau Jawa saja atau biasa dikenal dengan Jawasentris.

Justru, dengan adanya hal itu maka menjadikan wilayah lain di luar Pulau Jawa menjadi semakin mengalami ketertinggalan sehingga secara ekonomi pun terjadi kesenjangan, termasuk juga adanya kesenjangan pada sumber daya manusia (SDM) di wilayah di luar Pulau Jawa.

Namun saat ini, secara perlahan-lahan semenjak era kepemimpinan Presiden Jokowi dan juga mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan. Stigma yang menilai bahwa pembangunan di Tanah Air hanya berpusat di Pulau Jawa saja menjadi semakin hilang, seiring dengan komitmen kuat dan juga kerja nyata dengan adanya sejumlah program pembangunan mulai dari ujung Barat hingga Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka pembangunan mulai menjadi semakin merata dan dirasakan oleh seluruh masyarakat secara nyata.

Khususnya, untuk di Tanah Papua sendiri, kemajuan mulai jelas terlihat dengan nyata dan juga turut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di sana. Mulai dari segi infrastruktur sendiri, kemudian terdapat peningkatan atas kesejahteraan masyarakat, yang terus dilakukan oleh Pemerintah RI dengan cara melakukan pembukaan atas keterisolasian wilayah itu dan juga terus meningkatkan akses hingga konektivitas dari darat maupun pada multimoda.

Papua bahkan saat ini telah memiliki jalan, jembatan, permukiman hingga sejumlah fasilitas umum lainnya yang bisa dikatakan sama sekali tidak kalah dengan fasilitas yang ada di kota besar lainnya di Indonesia.

Bukan hanya terbatas pada infrastruktur saja, namun di sisi lain, pembangunan yang terjadi di Tanah Papua juga ikut disertai dengan adanya pemerataan dan peningkatan akan kualitas dari sumber daya manusia (SDM) yang terdapat di sana. Pasalnya, memang SDM sendiri merupakan sebuah hal yang bisa dikatakan sangat penting dan patut untuk terus diperjuangkan.

Lantaran dengan adanya kualitas SDM yang baik, maka kemampuan tersebut juga pastinya secara otomatis akan turut berdampak baik bagi seluruh masyarakat di Bumi Cenderawasih, utamanya adalah kemampuan mengenai pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang memang sangat melimpah dan kaya yang dimiliki oleh Tanah Papua.

Salah satu upaya dari pengembangan kualitas SDM yang ada di Papua, dilakukan oleh Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan memang secara khusus ditujukan bagi kalangan muda Bumi Cenderawasih, yakni melalui adanya pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH), yang merupakan sebuah pusat dari pengembangan banyak talenta muda dan juga diproyeksikan untuk menjadi wadah dalam menghimpun seluruh SDM muda berprestasi yang ada di Papua bahkan dari berbagai lintas disiplin ilmu pengetahuan.

Adanya Gedung PYCH yang diinisiasi oleh BIN juga diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata dan secara luas untuk bisa menurunkan angka pengangguran hingga kemiskinan yang ada di Papua. Upaya dari BIN tersebut juga telah diamini langsung oleh Presiden Jokowi, bahwa beliau berharap nantinya Papua Youth Creative Hub mampu menjadi motor penggerak sekaligus menjadi pusat pengembangan SDM dan talenta muda di Papua.

Gedung PYCH tersebut yang dibangun dengan megah dan mewah hingga bernuansa adat, nantinya memang akan digunakan dan dimanfaatkan oleh muda-mudi Papua dalam berkarya, melakukan kolaborasi hingga pengembangan diri. Papua Youth Creative Hub ini inisiasi BIN untuk bisa memajukan generasi muda di Bumi Cenderawasih.

Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan juga menjelaskan bahwa Gedung PYCH memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari adanya lobi, coffee shop papua blend, co-working space, perpustakaan, galeri, minimarket, toko UMKM, ruang training hingga ruang ibadah. Kemudian untuk lantai duanya terdapat convention hall, kantor sekretariat, ruang seni musik, hiburan, ruang bahasa, ruang coding dan programming, ruang kewirausahaan dan ruang konseling di bidang kesehatan.

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk para pemuda di Tanah Papua menjadi hal yang sangat penting untuk terus menunjang adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih. Maka dari itu, BIN terus menyediakan wadah bagi pengembangan tersebut melalui dukungannya untuk pembangunan gedung PYCH.

) * Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Jakarta

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda