BIN Konsisten Memberdayakan Pemuda dan Perekonomian Papua - BERITA GORONTALO

Senin, 20 Maret 2023

BIN Konsisten Memberdayakan Pemuda dan Perekonomian Papua

Papua –  BIN terus menunjukkan konsistensi dan komitmennya dengan melakukan kerja nyata secara  konkret untuk bisa memberdayakan sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi para pemuda di Papua melalui pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH).

Dengan adanya peningkatan SDM yang berkualitas, maka secara otomatis juga akan berdampak pada pemberdayaan perekonomian masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Terkait dengan adanya pembangunan Gedung PYCH yang diinisiasi oleh BIN dan terus digencarkan oleh Pemerintah RI tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Manokwari, Edi Budoyo menyatakan harapannya bahwa semoga dengan dibangunnya gedung tersebut, maka para pemuda dapat melakukan kegiatan yang penuh inspiratif, positif, mampu menambah keterampilan dan soft skill mereka.

“Dengan pembangunan Gedung PYCH di Manokwari maka para pemuda dapat melakukan kegiatan inspiratif, positif, menambah keterampilan dan soft skill mereka, demi menunjang percepatan kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat”, ujar Edi.

Bukan tanpa alasan, namun tentunya ketika seluruh generasi muda Papua tersebut bisa banyak melakukan kegiatan yang positif dan terus mengembangkan bakat hingga minat serta potensi yang mereka miliki, maka semuanya akan mampu menunjang adanya percepatan pembangunan dan membantu mensejahterakan masyarakat di Bumi Cendrawasih sendiri.

Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia (RI) menginisiasi adanya pembangunan Gedung PYCH. Pembangunan tersebut juga dibantu secara langsung Pemerintah Daerah (Pemda) setempat yang telah menghibahkan lahan mereka seluas 2 (dua) hektare kepada BIN.

Memang pembangunan PYCH yang digagas langsung oleh BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan berdasarkan arahan dari Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo ini akan menjadi sebuah wadah pengembangan diri bagi seluruh generasi muda di Bumi Cendrawasih.

Hal tersebut dikarenakan bukan hanya sekedar bangunan fisik berupa gedung yang megah saja beserta banyaknya fasilitas yang ada di dalamnya, namun pihak BIN selaku inisiator juga akan mengadakan berbagai macam pelatihan untuk bisa memberikan fasilitas kepada seluruh pemuda Papua untuk lebih mengasah potensi dan bakat hingga talenta yang mereka miliki.

Terkait pembangunan PYCH, pemuda asal Manokwari, Papua Barat, Simon Tabuni, menyambut baik adanya pembangunan PYCH di Manokwari. Ia berterima kasih kepada BIN, Pemda dan semua pihak yang mendorong terwujudnya pembangunan tersebut.

“Anak muda dan masyarakat Papua Barat menyambut dengan positif dan mengapresiasi upaya  pemerintah membangun gedung PYCH di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Gedung PYCH di Manokwari dapat menjadi wadah bagi anak muda untuk mengembangkan diri, minat dan bakat sehingga bisa ikut memajukan Tanah Papua.” kata Simon Tabuni.

Pemberdayaan akan sumber daya manusia (SDM) memang terus saja dilakukan oleh BIN dengan sangat konsisten di Tanah Papua. Lantaran dengan adanya pemberdayaan SDM, khususnya para generasi muda tersebut, yang salah satunya melalui pembangunan Gedung PYCH, maka juga secara otomatis akan mampu berdampak pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Bumi Cenderawasih.

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda