BIN Hadirkan Manfaat Besar bagi Pemuda Papua dengan Pembangunan Gedung PYCH - BERITA GORONTALO

Senin, 20 Maret 2023

BIN Hadirkan Manfaat Besar bagi Pemuda Papua dengan Pembangunan Gedung PYCH

Papua – Badan Intelijen Negara (BIN) berkomitmen untuk menghadirkan manfaat yang begitu besar bagi seluruh pemuda di Papua. Salah satunya adalah dengan  menindaklanjuti pembangunan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sebagai wadah pengembangan minat dan bakat generasi muda Bumi Cenderawasih.

Terkait dengan bagaimana dukungan yang diberikan oleh Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan pada pembangunan gedung PYCH, perwakilan tokoh pemuda Papua, Vitha Faidiban mengemukakan bahwa memang kehadiran gedung itu, mampu membantu generasi muda Papua untuk terus membuat banyak karya dan juga melakukan segala hal yang bisa mereka lakukan untuk kebaikan masyarakat Bumi Cenderawasih.

“Gedung PYCH dibangun dengan megah, serta memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di tanah Papua.” kata Vitha Faidiban

Saat ini, seluruh minat dan bakat hingga kreativitas yang dimiliki oleh para generasi muda di Tanah Papua tidak akan terkendala dalam upaya pengembangannya. Hal tersebut dikarenakan Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui BIN terus berupaya untuk menunjang talenta tersebut.

Tentunya, tujuan utama dari adanya gedung PYCH adalah supaya bisa menjadi motor pengembangan sumber daya manusia (SDM) para pemuda di Bumi Cenderawasih, yang mana nantinya gedung itu akan digunakan dan dimanfaatkan oleh organisasi kepemudaan di bawah bimbingan BIN.

Gedung PYCH sendiri dibangun dengan megah dan dilengkapi fasilitas lengkap. Di dalamnya, ada ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi hingga perpustakaan.

Mengenai hal tersebut, perwakilan tokoh pemuda Papua Simon Tabuni menyatakan bahwa gedung PYCH akan mampu menjadi wadah bagi para anak muda Papua untuk mengembangkan diri mereka, termasuk juga mengembangkan minat serta bakat untuk turut serta memajukan Tanah Papua.

“Apresiasi perlu kami berikan kepada Presiden RI, Joko Widodo dan juga kepada Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan atas dukungan mereka pada pembangunan gedung PYCH. Pembangunan gedung PYCH tentunya tidak akan terjadi dengan lancar jika tidak disertai dengan dukungan dari banyak pihak, termasuk Presiden RI, Joko Widodo dan juga Kepala BIN, Jend Pol (Purn) Budi Gunawan yang sudah mencurahkan hatinya untuk benar-benar membantu pengembangan SDM muda Papua.” ujar Simon Tabuni

Lebih lanjut, perwakilan tokoh muda Papua tersebut menerangkan bahwa ketika para anak muda Papua bisa bergerak dan menunjukkan kontribusi nyata mereka melalui banyaknya ide kreatif, maka tentunya pembangunan akan bisa berjalan dengan baik di Tanah Papua.

Sementara itu, Bupati Manokwari, Hermus Indou mengaku bahwa pihaknya juga mendukung dengan penuh adanya pembangunan gedung PYCH tersebut. Menurutnya dengan adanya gedung yang digagas oleh Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan itu mampu meningkatkan kualitas dan partisipasi para pemuda dalam menyelenggarakan pemerintahan serta membangun Tanah Air.

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda