Berdayakan Pengusaha Muda, PYCH Sukses Kolaborasi Kembangkan Usaha Multi Sektor Papua - BERITA GORONTALO

Senin, 20 Maret 2023

Berdayakan Pengusaha Muda, PYCH Sukses Kolaborasi Kembangkan Usaha Multi Sektor Papua

Papua – Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) menjadi sarana memberdayakan pengusaha muda di Papua melalui berbagai program pelatihan dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Kolaborasi itu melibatkan mulai dari pemerintah setempat hingga sejumlah perusahaan swasta di Papua.

Kolaborasi itu juga bertujuan untuk mengembangkan usaha multi sektor yang meliputi sektor pertanian, perikanan, peternakan, serta usaha kecil dan menengah (UKM) di Papua.

Terkait hal ini tokoh pemuda Papua, Kevin Baldwin Aburyaan beranggapan kolaborasi ini sangat penting dalam mengakselerasi perekonomian Papua, serta membuka peluang bagi para pengusaha muda di Papua untuk terus berkembang dan berinovasi.

"Salah satu hasil kolaborasi tersebut adalah terbentuknya kelompok tani yang terdiri dari para petani lokal di wilayah Papua. Kelompok tani ini diberikan pelatihan tentang teknik pertanian yang efektif dan efisien, serta penggunaan teknologi yang dapat memudahkan mereka dalam mengembangkan usaha pertanian mereka," jelas Kevin.

Selain itu, PYCH juga memberikan pelatihan dan bantuan modal kepada para pengusaha kecil dan menengah di Papua.

"Bantuan modal tersebut diberikan dalam bentuk pinjaman dengan bunga rendah, serta pelatihan tentang manajemen keuangan dan pemasaran produk", imbuh Kevin.

Kolaborasi ini juga berhasil mengembangkan usaha perikanan di Papua, dengan membentuk kelompok nelayan yang diberikan pelatihan tentang teknik penangkapan ikan yang ramah lingkungan dan efektif. Selain itu, kelompok nelayan ini juga diberikan pelatihan tentang pengolahan ikan yang baik dan benar, sehingga dapat meningkatkan nilai tambah dari hasil tangkapan mereka.

Berbagai hasil kolaborasi tersebut telah berhasil meningkatkan kualitas hidup para pengusaha muda di Papua, serta meningkatkan perekonomian Papua secara keseluruhan. PYCH yang digerakkan para pemuda Papua ini berharap dapat terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan usaha multi sektor di Papua, dan memberdayakan pengusaha muda Papua untuk terus berkembang dan berinovasi.

Sebelumnya, dalam rangka mengapresiasi munculnya para pengusaha muda,  sejumah pemuda Papua juga mengadakan pameran dan bazaar produk hasil pengusaha muda di Papua di Gedung PYCH yang diresmikan Presiden Jokowi.

"Acara ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para pengusaha muda di Papua untuk memperluas jangkauan pemasaran produk mereka, serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk-produk unggulan dari Papua," pungkas Kevin.

PYCH ini dibangun untuk memfasilitasi anak muda Papua yang memiliki minat dan bakat di bidang seni, budaya, teknologi, dan inovasi untuk mengembangkan potensi mereka.

Berada di Jalan Poros Abepura atau berjarak sekitar 11 km dari pusat Kota Jayapura, PYCH menyediakan fasilitas lengkap seperti ruang kreatif, studio musik, studio rekaman, studio film, ruang presentasi, perpustakaan, serta akses internet yang cepat dan stabil. Selain itu, PYCH juga menawarkan berbagai program pelatihan dan mentoring dari para ahli dan praktisi di bidangnya.

*

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda