Erick Thohir Pimpin Transformasi Sepak Bola Indonesia - BERITA GORONTALO

Rabu, 15 Februari 2023

Erick Thohir Pimpin Transformasi Sepak Bola Indonesia

Oleh : Panji Saputra )*

Menteri BUMN Erick Thohir merupakan sosok tokoh paling ideal yang mampu memimpin terjadinya transformasi dalam sepak bola di Indonesia dengan segudang pengalamannya yang sudah jelas terbukti. Dirinya sangat mampu untuk memberantas adanya para mafia yang selama ini menjamur di PSSI.

Saat ini memang dunia sepak bola di Tanah Air sangatlah membutuhkan seorang sosok tokoh yang mampu memimpin dengan sangat baik, bahkan mampu merubah beberapa tatanan dan memiliki pengalaman di dunia sepak bola. Sosok orang tersebut tentunya akan menjadi tokoh yang sangatlah cocok untuk memimpin organisasi sepak bola di Tanah Air, PSSI.

Ternyata, tidak sedikit pihak yang menilai bahwa sosok ideal seperti yang digambarkan tersebut terdapat dalam diri seorang Erick Thohir, yang mana memang beliau sangatlah dibutuhkan untuk bisa mentransformasikan dunia sepak bola Indonesia. Pasalnya, pria tersebut merupakan seorang yang bisa dikatakan sangat paham lantaran dirinya memang pernah berkecimpung dan memiliki klub sepak bola bahkan di level internasional.

Salah satu transformasi yang sangat penting dan menjadi sesuatu yang dibutuhkan di PSSI adalah bagaimana komitmen dan kapasitas pemimpin untuk mampu melakukan pemberantasan pada mafia sepak bola di Indonesia, yang mana memang dengan adanya para mafia tersebut sangatlab menghambat kemajuan olahraga khususnya sepak bola di Tanah Air.

Keberhasilan Erick Thohir dan juga kapasitasnya sendiri sebenarnya sudah tidak perlu diragukan lagi karena selama menjabat sebagai Menteri BUMN, dirinya bahkan telah terbukti mampu menjadi sosok pimpinan yang bersih dan juga bisa memberantas para mafia yang berada di lembaga sekelas Kementerian BUMN.

Dengan memiliki track record dalam pemberantasan mafia di Kementerian BUMN tersebut, maka nama Eks Presiden Inter Milan itu berhasil terus mendapatkan dukungan untuk bisa menjadi Ketua PSSI selanjutnya melalui diadakannya Kongres Luar Biasa (KLB) pada bulan Februari ini.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan dukungan berhasil diperoleh Erick Thohir dari banyak pihak mulai dari suara yang dikemukakan oleh Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Bangka Belitung, Mintradjaya. Dirinya menyatakan bahwa akan sangat mendukunb majunya Erick Thohir untuk bisa menjadi Ketua Umum PSSI pada periode 2023 hingga 2027 mendatang.

Lebih lanjut, Mintradjaya menambahkan bahwa memang Menteri BUMN tersebut merupakan orang yang memang memiliki kapasitas dan sudah lama malang melintang di dunia olahraga, khususnya sepak bola sehingga dirinya dinilai sangatlah cocok untuk memimpin PSSI.

Memang sudah banyak yang mengetahui bahwa Erick Thohir adalah merupakan sosok yang memiliki kapasitas. Dirinya pernah memiliki klub sepak bola di level dunia sekelas Inter Milan dan juga merupakan orang yang sangat mengerti tentang dunia sepak bola. Maka dari itu menjadi alasan kuat bahwa Erick Thohir sangat pantas menjadi Ketua Umum PSSI.

Bukan hanya itu, namun Menteri BUMN tersebut nyatanya juga memiliki hubungan yang cukup erat dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino dan juga memiliki banyak hubungan cukup erat juga dengan beberapa sponsor. Tentunya seluruh yang telah dipunyai sebagai kapasitas dari Erick Thohir akan sangat membantu terkait perkembangan sepak bola nasional.

Ketua Asprov Bangka Belitung itu kembali menambahkan bahwa sosok seperti Erick Thohir memang telah memiliki segudang pengalaman dalam dunia sepak bola. Bahkan pengalaman yang sudah jelas terbukti yang dimiliki olehnya tidaknhanya sekedar dalam taraf kecil saja, melainkan merupakan mantan pemilik klub sepak bola kelas dunia, yakni Inter Milan FC dan juga D.C United.

Bahkan, kini Menteri dalam era Kabinet Presiden RI Joko Widodo tersebut juga masih memegang dua saham besar atas kepemilikan klub di dalam dan juga di luar negeri, yakni klub bernama Oxford United yang memang telah secara resmi diakuisisi oleh Erick Thohir dengan sebanyak 51 persen total kepemilikan saham. Sedangkan diringa juga memiliki klub sepak bola di dalam negeri, yakni menjadi pemilik sebagian saham di Persis Solo.

Dengan banyaknya pemberitaan dan juga kasus yang terus mencoreng nama PSSI selama ini terkait menjamurnya mafia sepak bola dalam organisasi olahraga di Indonesia tersebut, memang kini PSSI sangatlah membutuhkan sosok yang mampu memimpin secara baik dan membawa arah lebih maju dalam hal transformasi dunia sepak bola Tanah Air, sosok tersebut tentunya ada pada diri Erick Thohir.

)* Penulis adalah pengamat olah raga

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda