Perppu Cipta Kerja Tidak Merugikan Masyarakat - BERITA GORONTALO

Rabu, 11 Januari 2023

Perppu Cipta Kerja Tidak Merugikan Masyarakat

Oleh : David Falih Hansa )*

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Cipta Kerja yang baru saja dikeluarkan akhir tahun 2022 lalu dijamin tidak merugikan masyarakat. Penyebabnya karena hak-hak pekerja masih diberikan, mulai dari hari libur sampai gaji. Perppu ini sangat penting untuk melindungi investor agar penanaman modal lancar, lalu masyarakat yang untung karena lapangan kerja bertambah.

Setelah Perppu Cipta Kerja dikeluarkan, sempat timbul pro dan kontra karena dianggap mendadak. Padahal nyatanya pemerintah sudah merencanakannya dengan matang dan Perppu ini dipasang sebagai pengganti UU Cipta Kerja. Perppu Cipta Kerja dijamin tidak merugikan masyarakat karena hak pekerja masih ada dan tidak ada perubahan ke arah yang lebih buruk.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyatakan bahwa kritik terjadi karena masyarakat belum mempelajari Perppu Cipta Kerja secara utuh. Ada pula yang membaca judul berita saja tanpa membaca isinya. Namun ia mempersilakan masyarakat untuk berdiskusi dan mensosialisasikan Perppu Cipta Kerja.

Artinya, jika ada yang menuding bahwa Perppu Cipta Kerja merugikan masyarakat maka ia salah besar. Penyebabnya karena Perppu ini dirancang untuk menguntungkan warga negara Indonesia, baik pekerja dan pengusaha.

Masyarakat diminta untuk jangan hanya membaca berita mengenai Perppu Cipta Kerja dari media yang tidak kompeten atau bahkan hanya membaca judulnya saja lalu menyimpulkan sendiri. Hal ini sangat berbahaya karena saat ini banyak media online yang memakai trik click-bait, di mana judul berita sensasional tetapi isinya berbeda dengan judulnya. Jika masyarakat menyimpulkan sendiri maka akan menimbulkan kerancuan.

Seharusnya masyarakat mempelajari dan membaca naskah asli Perppu Cipta Kerja di situs resmi pemerintah, dan bisa diakses gratis. Dengan mempelajari ayat per ayat dari Perppu ini maka mereka akan mengerti bahwa peraturan ditegakkan untuk menguntungkan masyarakat.

Jika masyarakat mempelajari Perppu Cipta Kerja dari naskah asli di website resmi pemerintah maka mereka akan memahami peraturan ini. Perppu dirancang untuk masa depan Indonesia karena menguntungkan bagi para investor. Jika dunia investasi diuntungkan maka masyarakat juga diuntungkan karena industri di Indonesia makin maju dan otomatis membuka banyak lowongan pekerjaan baru.

Perppu Cipta Kerja harus dibaca di situs resmi karena jika tidak ada banyak versi yang beredar di dunia maya dan bisa jadi itu hoaks atau hanya draft yang belum final dan belum disetujui oleh DPR RI. Jangan sampai masyarakat tertipu oleh versi yang palsu. Oleh karena itu mereka wajib meningkatkan literasi berinternet agar mencari sumber Perppu yang asli, bukan yang hoaks.

Dalam Perppu Cipta Kerja sangat menguntungkan masyarakat karena mereka tetap mendapatkan hak untuk beristirahat, yakni libur 1 atau 2 hari. Tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Libur 2 hari dalam seminggu bisa diberikan, dengan syarat minimal 40 jam kerja dalam 5 hari sudah terpenuhi.

Kemudian, Perppu Cipta Kerja juga menguntungkan karena para pekerja masih berhak mendapat gaji bulanan. Besaran gaji tergantung dari UMP (upah minimum provinsi) di daerahnya. UMP adalah gaji minimal sehingga karyawan yang sudah bekerja lebih dari setahun harus digaji lebih dari nominal UMP tersebut.

Saat para pekerja terpaksa dirumahkan, mereka juga masih berhak mendapatkan uang pesangon, berdasarkan peraturan di Perppu Cipta Kerja. Pesangon harus diberikan karena jika tidak, pengusaha yang akan mendapat teguran keras dari Kementerian Tenaga Kerja.

Sementara itu, pengamat ekonomi Esther Sri Astuti menyatakan bahwa Perppu Cipta Kerja memberi kepastian hukum bagi para investor. Apalagi ketika mereka mau menanamkan modalnya di Indonesia. Kepastian hukum sangat penting apalagi tahun depan adalah tahun politik.

Dalam artian, pemerintah mengesahkan Perppu Cipta Kerja pada akhir tahun 2022 karena ada manfaatnya. Tahun 2024 ada pemilu dan sebelum tahun politik ini wajib ada kepastian hukum bagi para investor, terutama penanam modal asing. Sebelum presidennya ganti maka wajib ada payung hukum yang jelas untuk melindungi para investor di Indonesia.

Jika investor diuntungkan maka yang diuntungkan juga masyarakat. Penyebabnya karena dunia investasi akan membuat perekonomian tumbuh dengan cepat. Penanaman modal dari pengusaha asing akan membuat dunia bisnis makin dinamis tanpa harus berhutang ke bank.

Perekonomian negara sedang dibangkitkan kembali setelah hampir 3 tahun didera efek negatif pandemi Covid-19. Oleh karena itu pemerintah berusaha keras untuk memajukan Indonesia. Salah satunya dengan mengesahkan Perppu Cipta Kerja.

Perppu Cipta Kerja adalah peraturan baru yang menggantikan posisi UU Cipta Kerja. Masyarakat tidak perlu khawatir karena Perppu ini akan membuat masa depan warga negara Indonesia makin baik. Penyababnya karena Perppu Cipta Kerja memberikan kepastian hukum kepada para investor asing sehingga mereka makin yakin untuk menanamkan modalnya di Indonesia, dan membuat pertumbuhan ekonomi makin membaik.

)* Penulis adalah kontributor Persada Institute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda