Pasca Insiden, Ketua Lembaga Masyarakat Adat Wulanderi Mori Pastikan Kondisi Morowali Utara Sudah Pulih Kembali - BERITA GORONTALO

Jumat, 20 Januari 2023

Pasca Insiden, Ketua Lembaga Masyarakat Adat Wulanderi Mori Pastikan Kondisi Morowali Utara Sudah Pulih Kembali

Morowali Utara - Ketua Lembaga Masyarakat Adat Wulanderi Mori Julius Pode mengatakan saat ini keadaan sudah pulih kembali, dalam arti PT Gunbuster Nickel Industri  (PT GNI) sudah kembali beroperasi, para karyawan sudah mulai bekerja, pelaku ekonomi sudah bekerja dimana warung – warung sudah dibuka dan semua masyarakatnya sudah kembali beraktivitas dan berjalan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Masyarakat Adat Wulanderi Mori Julius Pode saat ditanyakan soal kondisi pasca insiden di PT. GNI di Mowowali Utara, Jumat 20/1/2023.

Julius Pode memberikan apresiasi yang sebesar – besarnya kepada TNI dan Polri yang telah  mampu menciptakan dan menangani keadaan sehingga bisa kondusif seperti saat ini dan semoga keadaan seperti ini tidak akan terjadi lagi karena pada akhirnya menghancurkan kita semua.

Terima kasih kepada aparat keamanan yang telah menjaga kondusifitas sehingga keadilan PT.GNI ini dapat berjalan dan memberikan kontribusi besar bagi pendapatan daerah kita, ujar Ketua Lembaga Masyarakat Adat Wulanderi Mori.

Yang pasti bukannya adat orang Mori untuk membakar, mencuri, membuat onar, dan unjuk rasa. Sekali lagi kami sampaikan orang Mori cinta damai di NKRI, tegas Julius Pode.

Khususnya orang Mori yang ada di Morowali Utara dimana orang Mori cinta damai, setiap orang yang datang ditanah Mori kami sambut dengan tangan terbuka dan persaudaraan. Bekerjasama, dan gotong royong yang sesuai dengan adat Mori, ucap Julius.

Sementara itu, melihat kejadian insiden yang terjadi di PT.GNI, saya melihat adanya provokasi – propvokasi sepihak dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin menghancurkan kehadiran dunia usaha, investasi yang memberikan devisa kepada negara kita, tutur Julius Pode.

Dengan adanya insiden tersebut, menjadi pelajaran bagi kita semua, bagaimana untuk  menghadirkan dunia usaha yang kondusif di daerah kita yang saling barbagi antara PT.GNI, masyarakat dan Pemerintah.


Untuk itu, perlu kiranya dibenahi hal – hal yang masih kurang dari PT GNI sehingga dapat semakin baik lagi dan bisa laing menghargai satu dengan yang lainnya, imbuh Julius Pode.

Dengan begitu, pihaknya mendukung dan menyambut baik kehadiran PT.GNI di kabupaten Morowali Utara khususnya di desa bunta. Dengan masuknya PT.GNI memberikan kontribusi yang besar yang sangat dirasakan oleh masyarakat, mulai tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat meningkat ditunjukkan dengan adanya rumah – rumah makan, kios – kios, penginapan dan kos – kosan. Yang itu semua memberikan kontribusi dan lapangan kerja bagi masyarakat di Kabupaten Morowali Utara dan kabupaten – kabupaten lainnya, jelas Julius Pode.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda