Mengapresiasi Selesainya Pembangunan Jalur Kereta Api Trans Sulawesi - BERITA GORONTALO

Senin, 30 Januari 2023

Mengapresiasi Selesainya Pembangunan Jalur Kereta Api Trans Sulawesi

Oleh : Alif Fikri )*

Seluruh masyarakat patut mengapresiasi terkait dengan rampungnya pembangunan jalur kereta api trans Sulawesi, yang merupakan sebuah bukti nyata dari komitmen kuat yang dimiliki oleh Presiden Jokowi dalam menciptakan pemerataan pembangunan di semua wilayah di Indonesia sehingga tidak hanya jawasentris saja.

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo telah selesai merampungkan seluruh pembangunan proyek transportasi kereta api di Sulawesi. Kereta baru karya bangsa melaju pertama kali di wilayah tersebut. Sulawesi yang selama ini belum pernah memiliki transportasi berupa kereta api, namun di era kepemimpinan Jokowi kini dapat merasakan memiliki sarana transportasi itu.

Kepala Operasional dan Layanan Kereta Api (KA) Trans Sulawesi, Rizqi Prasetyo mengungkapkan bahwa sesuai arahan yang telah diberikan oleh Presiden Jokowi mengenai pembangunan kereta api, dirinya menyatakan bahwa di Sulawesi memang pihaknya sudah menyusun sebuah grand design.

Dalam grand design tersebut, dirinya mengemukakan bahwa kereta api trans Sulawesi direncanakan akan mampu menghubungkan antara Kota Makassar sampai dengan Kota Manado, sehingga seluruh masyarakat yang hendak bepergian, utamanya menuju ke kota-kota tersebut kini tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada sarana transportasi baru.

Rizqi Prasetyo menambahkan bahwa perencanaan akan pembangunan jalur kereta api trans Sulawesi sebenarnya bukanlah sebuah hal yang dilakukan tanpa rencana matang. Pasalnya, seluruh jajaran pemerintah bahkan sudah mulai melakukan eksekusi akan pembangunan tersebut sejak tahun 2015 silam.

Dirinya mengungkapkan bahwa pada tahun 2015 itu sudah mulai dilakukan groundbreaking yang dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta jajaran terkait untuk bisa sesegera mungkin membangun semua jalur kereta api di Sulawesi, khususnya di lintas Kota Makassar hingga Kota Parepare.

Ini bukan hanya sekedar wacana yang dilakukan oleh pemerintah saja tanpa adanya aksi nyata, kini seluruh perencanaan yang sudah dimulai sejak tahun 2015 itu, di Sulawesi Selatan sendiri kini sudah membuahkan hasil dengan terbangunnya kurang lebih 110 km jalur rel kereta api yang terbentang dari Kabupaten Maros sampai dengan perbatasan Kabupaten Barru.

Kepala Operasional dan Layanan KA Trans Sulawesi tersebut menjelaskan bahwa jalur rel yang sudah mulai beroperasi adalah angkutan berpenumpang yang sebelumnya telah melalui sejumlah uji coba terbatas, yakni di lintas Garongkong sampai dengan Mangilu.

Sebagai informasi, rel kereta api di Sulawesi ternyata memiliki lebar 1435 mm, yang merupakan ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan rel kereta api yang ada di Pulau Jawa. Maka dengan rel yang lebih lebar seperti ini, maka akan mampu kapasitas yang lebih besar pula

Mengenai bagaimana selesainya seluruh proyek pembangunan sarana transportasi berupa kereta api di Sulawesi oleh Presiden Jokowi, tidak sedikit diantara para masyarakat yang kemudian beramai-ramai mencoba bagaimana rasanya naik kereta baru yang dimiliki oleh Sulawesi.

Saat mencoba menaikinya, mereka memberikan respon yang sangat positif terkait dengan bagaimana suksesnya Presiden RI ketujuh tersebut dalam membangun infrastruktur berupa sarana transportasi kereta api di Sulawesi bahkan hingga membuat masyarakat menjadi sangat bangga dan berbahagia.

Masyarakat menjadi sangat berbahagia lantaran mereka menilai bahwa kini dengan adanya sarana transportasi kereta api di Sulawesi, maka semua akses yang masyarakat butuhkan bisa menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, kini akhirnya mereka mampu merasakan bagaimana sensasi menaiki kereta api, tanpa perlu jauh-jauh pergi ke Pulau Jawa terlebih dahulu tidak seperti sebelumnya.

Pasalnya, sebelum masyarakat Sulawesi secara resmi memiliki sarana transportasi kereta api sendiri seperti sekarang ini, ada beberapa diantara warga yang harus rela pergi ke Pulau Jawa terlebih dahulu hanya untuk dapat merasakan bagaimana menaiki kereta api. Hal tersebut juga menjadi sebuah bukti nyata bahwa selama ini memang masih terjadi kesenjangan pembangunan di Indonesia.

Pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, seluruh ketimpangan pembangunan, utamanya mengenai infrastruktur di semua wilayah di Tanah Air, perlahan menjadi merata sehingga seluruh masyarakat di Indonesia benar-benar merasakan kesempatan yang sama dan diberikan kemudahan yang sama dengan masyarakat di wilayah lainnya di Indonesia.

Bahkan disebutkan bahwa jalur yang akan dilalui oleh Kereta Api Trans Sulawesi ini tidak hanya untuk warga saja, yang mana menghubungkan antara Kota Makassar dengan Kota Manado saja. Melainkan, ke depannya akan juga ada jalur rel Kereta Api yang akan langsung dihubungkan ke pabrik semen.

Tentunya dengan upaya adanya penghubungan jalur rel kereta api bahkan hingga ke pabrik semen tersebut, maka diharapkan bisa lebih membantu menggerakkan roda perekonomian khususnya di Sulawesi agar menjadi jauh lebih meningkat di masa depan.

Seluruh hal tersebut patut untuk diapresiasi oleh semua masyarakat Tanah Air, khususnya bagi warga di Sulawesi karena komitmen kuat dari Presiden Jokowi untuk benar-benar bisa menciptakan pemerataan pembangunan di Indonesia.

)*  Penulis adalah kontributor Nusa Bangsa Insitute

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda