Mahasiswa Papua Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi - BERITA GORONTALO

Senin, 09 Januari 2023

Mahasiswa Papua Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Oleh : Alfred Jigibalom )*

Mahasiwa dan sejumlah pemuda Papua memberikan apresiasi dengan sangat tinggi atas tercapainya pembangunan infrastruktur yang begitu masif dan dapat dirasakan kebermanfaataannya oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut seluruhnya terjadi pada Pemerintahan di era kepemimpinan Presiden Jokowi.

Indonesia terbukti terus mampu bangkit bahkan di tengah kondisi ekonomi dunia yang memang belakangan ini tengah terus menjadi sorotan setelah adanya badai krisis yang menerpa Eropa. Keberhasilan Indonesia sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana kemampuan bangsa ini untuk terus berkonsentrasi pada pemberdayaan produk-produk domestik dan juga upaya Pemerintah Republik Indonesia (RI) di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo lantaran terus melakukan pembangunan infrastruktur yang sangat berkualitas ehingga semua rakyat mampu melakukan pemerataan kesejahteraan.

Tidak terkecuali, bahkan pemerataan kesejahteraan tersebut benar-benar diupayakan oleh Presiden Jokowi dengan merubah paradigma pembangunan yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah era lainnya, yang mana terkesan terlalu mengedepankan Pulau Jawa saja. Sehingga Presiden Jokowi berkomitmen kuat mengubah paradigma pembangunan tersebut menjadi jauh lebih merata hingga ke seluruh pelosok Indonesia termasuk di Papua dan Papua Barat.

Terkait dengan upaya hingga komitmen sangat kuat yang dimiliki Pemerintah tersebut, Mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang tergabung ke dalam organisasi Eksponen Muda Papua menilai bahwa memang Presiden Jokowi telah sangat berhasil untuk melakukan pembangunan di Bumi Cenderawasih selama ini.

Ketua Umum Eksponen Muda Papua, Rahman Fatur menyatakan bahwa pembangunan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi, khususnya dalam bidang infrastruktur, ekonomi, sosial, kesehatan hingga pendidikan yang selama ini dilakukan, memang telah banyak sekali dirasakan oleh masyarakat Papua bahkan hingga di wilayah pedalaman.

Bagaimana tidak, pasalnya Rahman menjelaskan bagaimana kondisi Papua dulu sebelum Pemerintahan era Jokowi yang menurutnya bahkan sama sekali banyak daerah, utamanya di pedalaman yang sama sekali belum tersentuh. Namun semenjak di era Jokowi, seluruh pembangunan dapat terealisasi dengan sangat baik.

Lebih lanjut, dirinya juga berpendapat bahwa sejauh ini akselerasi pembangunan infrastruktur di era kepemimpinan Presiden Jokowi dinilai sangat berhasil untuk terus mendorong adanya pertumbuhan ekonomi daerah. Bukan tanpa alasan, lantaran memang dengan adanya infrastruktur yang dibangun mampu membuat perekonomian yang dimiliki oleh masyarakat semakin terus bergeliat.

Dengan adanya infrastruktur yang emmadai tersebut, tentunya secara langsung juga dapat mengurangi waktu tempuh akan perjalanan sehingga jelas sekali sangat membantu dalam mempercepat jalur logistik entah itu pengiriman dari Papua ataupun menuju Papua. Dengan adanya pecepatan jalur logistik ini, tentunya perekonomian menjadi bergerak dengan jauh lebih signifikan jika dibandingkan sebelumnya, tatkala kondisi infrastruktur masih belum terlalu memadai.

Apabila kondisi infrastruktur yang belum memadai tersebut dibiarkan terus menerus terjadi di Bumi Cenderawasih dan sama sekali tidak dilakukan percepatan pembangunan di sana, maka tentunya disparitas atau kesenjangan sosial ekonomi akan semakin tinggi terjadi antara wilayah tersebut dengan wilayah lain di Indonesia.

Jelas sekali bahwa Presiden Jokowi sama sekali tidak menginginkan adanya disparitas ini, maka dari itu beliau sangat bertekad untuk bisa menyamakan seluruh pembangunan yang ada di Indonesia tanpa terkecuali. Ketum Eskponen Muda Papua itu juga menambahkan bahwa sejauh ini, Pemerintah RI telah mencatatkan banyak sekali pembangunan infrastruktur di Bumi Cenderawasih, mulai dari adanya jalan Trans Papua, pembangunan bandara, pelabuhan hingga Jembatan Youtefa dan juga Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kabupaten Merauke.

Rahman Fatur juga menyatakan bahwa bahkan sampai saat ini, percepatan pembangunan yang terus dilakukan oleh pemerintah di era kepemimpinan Presiden Jokowi sudah mencapai hampir di seluruh sektor. Bukan hanya sekedar menginstruksikan pembangunan saja, namun Presiden ketujuh RI tersebut juga telah belasan kali datang secara langsung di Papua hanya untuk memastikan apakah memang pembangunan di Bumi Cenderwasih sudah berjalan dengan efektif dan maksimal sesuai dengan target.

Selain itu, Rahman juga menyebutkan bahwa dengan adanya Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat, merupakan sebuah bentuk keseriusan yang sangat tinggi dari Pemerintah terhadap komitmennya untuk pembangunan pada berbagai sektor di Tanah Papua.

Baginya, Presiden Jokowi dalam masa pemerintahannya benar-benar telah berjalan sangat efektif dalam membangun Papua. Bahkan itu bukanlah hanya sekedar ucapan semata, melainkan memang benar-benat dirasakan oleh seluruh masyarakat Papua dan juga secara realistis bisa dilihat secara langsung di lapangan.

Bumi Cenderawasih memang sejauh ini telah mengalami peningkatan pembangunan yang sangat luar biasa signifikan. Hal tersebut sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana peranan Pemerintah di era kepemimpinan Presiden Jokowi hingga mendapatkan apresiasi sangat tinggi dari mahasiswa dan para pemuda di Papua karena beliau dinilai mampu menjalankan pemerintahan dengan sangat luar biasa.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Bali

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda