Keakraban TKA dan TKI PT GNI Kembali Harmonis, Segala Aktivitas Berjalan Normal - BERITA GORONTALO

Minggu, 22 Januari 2023

Keakraban TKA dan TKI PT GNI Kembali Harmonis, Segala Aktivitas Berjalan Normal

Oleh : Andi Aziz )*

Keakraban yang terjadi diantara para pekerja, baik itu para TKA maupun TKI di PT GNI kembali terjalin secara harmonis. Bahkan segala aktivitas di perusahaan kembali dilakukan seperti biasanya dan terlihat sangat kondusif, termasuk adanya perayaan Hari Imlek yang dirayakan dengan penuh suka cita hingga adanya pemberian bantuan secara sosial ke panti asuhan.

Meski sempat terjadi bentrokan yang terjadi diantara para pekerja dan mengakibatkan dua orang menjadi korban meninggal dunia di PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI), Morowali Utara, namun kini situasi dan kondisi yang berada di kawasan perusahaan tersebut kembali menjadi kondusif.

Dikabarkan bahwa seluruh korban atas kejadian kerusuhan tersebut pada Sabtu, 14 Januari 2023 malam lalu juga sudah ditangani dan dikembalikan kepada leuarga masing-masing untuk dimakamkan dengan layak oleh pihak perusahaan. Bukan hanya itu, namun PT GNI sendiri juga sudah kembal beroperasi dengan normal dan seluruh aktivitas dari para pekerja, baik yang terdiri dari Tenaga Kerja Asing (TKA) maupun Tenaga Kerja Indonesia (TKI) sudah kembali harmonis pascarbentrok tersebut.

Seluruh kondisi yang kondusif memang sama sekali tidak bisa dipungkiri berkat kerja keras yang dilakukan oleh aparat keamanan yang terdiri dari personel gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang terus memberikan penjagaan dan pengamanan di lokasi kawasan PT GNI.

Dengan langkah sigapnya, pihak kepolisian juga telah menetapkan sebanyak 17 orang tersangka atas kasus bentrokan yang menyebabkan terjadinya kerusuhan dan pengrusakan yang mengakibatkan kerugian material hingga menimbulkan korban jiwa itu. Terkait dengan situasi terkini yang sudah sangat kondusif di PT GNI, seluruh masyarakat dan para pekerja baik TKA maupun TKI terus diimbau untuk tidak mudah terprovokasi dengan segala isu yang mungkin masih beredar di media sosial, tatkala pemberitaan tersebut masih belum jelas kebenarannya.

Salah satu tokoh agama yang juga sekaligus merupakan tokoh masyarakat di Kabupaten Morowali Utara, Sukriadi mengajak kepada seluruh masyarakat dan juga para pekerja agar jauh lebih berhati-hati dalam menerima segala bentuk dan jenis informasi ataupun pemberitaan yang beredar. Ketika pemberitaan tersebut masih bersifat simpang siur akan kebenarannya dan justru berpotensi untuk menimbulkan persepsi yang keliru, dirinya mengimbau supaya tidak langsung menelan bergitu saja.

Siuasi dan kondisi yang kembali kondusif serta harmonis bahkan terpotret tatkala PT GNI dan PT Stardust Estate Investmen (SEI) menggelar perayaan Hari Imlek 2574 atau tahun 2023 Masehi, yang bertempat di belakang PLTU PT GNI, Morowali Utara pada Sabtu 21 Januari 2023 kemarin.

Acara tersebut dimulai pada pukul 15:00 WITA dan juga diwarnai dengan serangkaian lomba yang sangat menunjukkan bagaimana adanya kekompakan serta kerja sama yang sangat baik dan harmonis diantara para pekerja. Mengenai hal tersebut, HOD Public Relation PT GNI, Mr Jiang mengemukakan bahwa tentunya kegiatan yang dilakukan itu adalah sebagai wujud konkret dari adanya rasa persaudaraan, kebersamaan serta rasa syukur dari pihak perusahaan dan para pekerja, baik itu TKA maupun TKI. Adanya kegiatan perayaan Imlek itu juga menurutnya dilakukan untuk terus menjaga kerukunan dan juga supaya seluruh keluarga besar di perusahaan PT GNI bisa saling menguatkan.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Morowali Utara, AKBP Imam Wijayanto mengatakan bahwa perayaan Hari Imlek 2574 tersebut agar menjadi sebuah momentum untuk terus menjaga kerukunan, utamanya adalah kerukunan yang terjalin antara para pekerja baik TKA maupun TKI.

AKBP Imam Wijayanto mengungkapkan rasa syukurnya yang begitu tinggi tatkala melihat bagaimana serangkaian scara perayaan Hari Imlek 2574 itu berjalan dengan lancar. Dirinya mengaku meski seluruh rangkaian acara dikemas dengan sederhana, namun tetap bisa membawa kebahagiaan kepada seluruh pihak karyawan yang menghadirinya. Dia juga berharap semoga dengan acara tersebut, benar-benar mampu membangkitkan semangat dan juga rasa solidaritas antar para karyawan di PT GNI.

Bukan hanya itu, namun PT GNI sendiri juga telah menyelenggarakan kegaiatan lain, yakni pada hari Jumat 20 Januari 2023 lalu, yang mana terdapat bantuan yang diluncurkan oleh pihak perusahaan berupa pemberian makanan ke panti asuhan di Kota Kolonodale, Kecamatan Petasia, Kabupater Morowali Utara.

Mr Jiang Chao selaku HOD Public Relation di PT GNI mengucapkan bahwa melalui bantuan yang diberikan kepada panti asuhan itu dirinya berharap spaya bisa dapat bermanfaat bagi anak-anak sekalian yang berada di panti asuhan. Tidak sampai di sana, namun perusahaan juga berkomitmen akan terus memberikan bantuan kepada panti asuhan apabila memang mereka membutuhkannya.

Memang seluruh aktivitas di perusahaan PT GNI sudah berjalan dengan normal dan terpantau kondisi sangat kondusif. Bahkan keakraban yang terjadi diantara para pekerja, baik itu TKA maupun TKI telah terjalin dengan sangat harmonis secara sosial dan keagamaan. Mereka terlihat penuh suka cita dan kekompakan dalam merayakan Hari Imlek.

)* Penulis adalah pengamat Sosial

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda