Apresiasi Aparat Keamanan Jaga Kondusifitas Tahun Baru - BERITA GORONTALO

Sabtu, 31 Desember 2022

Apresiasi Aparat Keamanan Jaga Kondusifitas Tahun Baru

Oleh : Arzan Malik Narendra )*

Apresiasi tinggi banyak diberikan oleh berbagai pihak akan upaya seluruh aparat keamanan terus menjaga kondusifitas pada perayaan Tahun Baru 2023, untuk memastikan masyarakat aman dan nyaman.

Perayaan pergantian Tahun Baru dari 2022 menuju ke 2023 memang menjadi sebuah momen tersendiri bagi sejumlah masyarakat yang merayakan dan menyemarakkannya. Utamanya, memang tidak sedikit pihak yang hendak melaksanakan liburan dalam momen tersebut. Untuk itu, keamanan dan ketertiban yang ada di masyarakat menjadi salah satu aspek paling penting supaya segala jenis perayaan tahun baru tersebut bisa tetap kondusif.

Sejauh ini, kinerja dari seluruh aparat keamanan memang sangatlah baik dalam rangka terus menjaga kamtibmas. Koordinasi dan sinergitas mulai dari pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI), Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam upayanya menciptakan rasa aman kepada seluruh masyarakat sudah sangat maksimal.

Meski dengan maksimalnya kinerja yang telah dilakukan oleh seluruh pihak aparat keamanan tersebut, namun tetap diimbau kepada semua masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan diri mereka masing-masing agar ikut serta dalam penjagaan kamtibmas dan juga menjaga kondusifitas keamanan di lingkungan mereka.

Bukan hanya itu, namun masyarakat sendiri juga harus mampu untuk terus menghidupkan nilai-nilai toleransi yang ada supaya kerukunan antar umat beragama tetap terjalin di tengah majemuknya masyarakat Tanah Air.

Masyarakat juga diimbau tatkala menggunakan moda transportasi entah itu dari jalur darat, air maupun udara, mampu tetap menjaga ketertiban selama perjalanan. Tidak bisa dipungkiri bahwa pasti akan ada penumpukan di beberapa tempat seperti stasiun, bandara (airport) hingga jalan raya karena memang animo untuk bepergian sangatlah tinggi.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani menyatakan bahwa memang sejauh ini koordinasi sudah banyak dilakukan dari semua elemen termasuk pemerintah dan juga para aparat keamanan untuk terus menciptakan situasi yang kondusif menjelang perayaan Tahun Baru 2023.

Puan menambahkan bahwa memang sangat penting agar seluruh pemangku kepentingan (stakeholder), dalam hal ini para aparat keamanan mampu terus menjaga keamanan lalu lintas saat libur Tahun Baru karena memang pada waktu ini mobilitas yang ada di masyarakat sangatlah tinggi.

Ketua DPR RI tersebut bahkan mengemukakan bahwa setidaknya akan ada jutaan masyarakat yang melaksanakan libur Tahun Baru, yang mana sudah dilakukan oleh masyarakat sejak minggu ketiga bulan Desember. Di samping itu, dirinya juga mengingatkan kepada Pemerintah RI supaya terus mampu melakukan pengendalian harga kebutuhan pokok yang bisa saja akan mengalami lonjakan menjelang tahun 2023.

Mengenai bagaimana kerja keras dari seluruh aparat keamanan, Pemkot Pekanbaru memberikan apresiasi luar biasa karena semua pihak memang mampu memberikan rasa aman tersebut dan menjamin masyarakat, khususnya pada perayaan Tahun Baru. Sekda Kota Pekanbaru, Drs. H Moh Noer mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri karena sudah serta merta menyingsingkan lengan baju mereka dalam terus menjaga kondusifitas. Dirinya juga berharap agar segala perayaan Tahun Baru 2023 ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan juga bisa terhindar dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Senada, Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih juga memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh aparat baik Polri, TNI hingga para relawan yang dinilainya telah siap siaga bahkan 24 jam non stop dalam melakukan pengamanan kegiatan masyarakat selama perayaan libur Tahun Baru 2023.

Pasalnya memang semua kesiapsiagaan dan juga dedikasi sangat tinggi telah diberikan oleh TNI dan Polri serta pada semua jajaran Pos Pengamanan selama Nataru. Sebagaimana diketahui, Kapolres Banjar, AKBP Bayu Catur Prabowo telah meyakinkan bahwa seluruh pihaknya memiliki komitmen sangat kuat untuk terus menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2022 bahkan dilakukan dengan menerjunkan aparat gabungan satuan fungsi dan Polsek jajaran. Bukan hanya itu, namun dalam Operasi Lilin juga banyak pihak yang membantu dari berbagai instansi seperti Badan Penanggulangan Bendana, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Organisasi Masyarakat hingga Lembaga Swadaya Masyarakat.

Upaya untuk terus menjaga kondusifitas selama perayaan Tahun Baru 2023 terus dilakukan oleh seluruh aparat keamanan dengan sangat maksimal. Hal tersebut memang sangat patut untuk diberikan apresiasi oleh seluruh pihak berkat kerja keras mereka. Dalam hal ini, masyarakat akan mampu merayakan pergantian tahun dengan penuh gegap gempita dan kemeriahan.

)* Penulis adalah kontributor Lembaga Siber Nusa

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda